mitos salah menurunkan berat badan oleh Kesehatan SegiEmpatMendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan pasti akan membuat Anda lebih percaya diri. Namun menurunkan berat badan dan memperoleh bentuk tubuh yang langsing tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda membutuhkan usaha serta motivasi yang kuat untuk bisa mendapatkan.

Banyak mitos yang beredar seputar penurunan berat badan. Sayangnya sebagian mitos tersebut justru menjerumuskan sehingga menggagalkan usaha penurunan berat badan Anda. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda berhati-hati dalam mengikuti anjuran atau tips untuk mengurangi berat badan.

Berikut ini adalah beberapa mitos penurunan berat badan yang sebaiknya tidak Anda percayai:

  • Terlalu Banyak Repetisi

Seringkali Anda melakukan terlalu banyak repetisi saat latihan dan melakukan latihan dengan durasi waktu yang panjang dengan harapan akan lebih banyak lemak yang terbakar. Padahal hasil penelitian menemukan bahwa melakukan repetisi moderat lebih efektif membakar lemak daripada repetisi tinggi. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak melakukan latihan aerobik lebih dari 40 menit setiap harinya.

  • Tidak Makan Sama Sekali

Karena ingin mengurangi asupan lemak dalam tubuh, seringkali seseorang memilih untuk tidak makan sama sekali, mengurangi porsi makan atau mengurangi intensitas makan. Padahal hal tersebut justru berbahaya untuk kesehatan Anda. Tidak hanya itu, kebiasaan itu bahkan bisa menaikkan berat badan.

Jadi akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan sehat dengan porsi kecil daripada harus tersiksa karena menahan lapar. Sebaiknya Anda juga mengganti asupan nasi putih dengan nasi merah atau umbi-umbian. Anda juga bisa memperbanyak asupan sayuran serta mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti putih telur dan dada ayam.

  • Hanya Terfokus pada Salah Satu Bagian Tubuh

Banyak yang mengira bahwa melatih salah satu bagian tubuh akan membantu Anda untuk membakar lemak pada bagian tersebut. Padahal melatih salah satu bagian tubuh bisa jadi tidak memberi dampak pada bagian tubuh tersebut.

Hal ini bisa saja terjadi karena masalah genetik, dimana seseorang memang menyimpan kantong lemak pada bagian tubuh tertentu. Beberapa bagian tubuh yang sering menjadi kantong lemak adalah lengan, pipi, betis dan paha. Untuk pria, kantong lemak biasanya terletak di perut sedangkan kantong lemak wanita berada di paha dan pinggul. Tapi tidak berarti kalau Anda hanya akan melatih otot tersebut. Jadi akan lebih baik jika Anda melatih seluruh tubuh.

 

LEAVE A REPLY