Menurunkan Berat Badan Selama Puasa oleh SegiEmpatTidak dapat di pungkiri sekarang ini masalah berat badan yang berlebih menjadi kondisi yang mulai menjangkit banyak orang. Nah, di bulan puasa ini sebenarnya menjadi momen yang tepat untuk menurunkan masalah berat badan Anda. Namun, menurunkan berat badan selama puasa ternyata tidak seperti yang kita duga. Bahkan, kebanyakan orang justru mengalami kenaikan berat badannya selama berpuasa. Tapi, Anda tidak perlu khawatir untuk membantu Anda menurunkan berat badan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama berpuasa.

Perhatikan Menu Berbuka Anda

Kondisi yang dialami kebanyakan orang yang justru mengalami kenaikan berat badan selama puasa sebenarnya tidak terlepas dari menu makanan yang ia konsumsi saat berbuka. Banyak orang, karena merasa telah menahan rasa lapar dan haus selama sehari penuh mereka justru membebaskan dirinya untuk mengkonsumsi makanan apa saja yang ia inginkan, khususnya yang mengandung kada gula yang tinggi. Sebaiknya Anda tidak melakukannya, kontrol diri Anda dan perhatikan dengan baik menu makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Sebisa mungkin hindari menu makanan atau minuman yang mengandung gula saat Anda berbuka. Cukup konsumsi kurna dan makanan ringan seperti sayuran atau sup sebelum mengkonsumsi makanan berat.

Penuhi Asupan Cairan

Menurut sejumlah pakar, salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan selama Anda berpuasa adalah memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Disarankan agar Anda mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter setiap hari, saat Anda berbuka atau bersantap sahur. Selain itu sebaiknya Anda juga menghindari kafein dan minuman manis.

Jangan Lupakan Sahur

Beberapa orang menganggap jika untuk menurunkan berat badannya selama berpuasa, maka mereka wajib menghindari sahur. Padahal faktanya, hal tersebut tidak benar. Anda tetap tidak boleh melupakan sahur, pasalnya jika Anda tidak sahur maka rasa lapar Anda akan semakin meningkat dan kondisi tersebut akan mendorong Anda jadi lebih “beringas” saat berbuka puasa. Jika Anda ingin menurunkan masalah berat badan Anda, perhatikan menu makan yang Anda konsumsi saat sahut. Sebaiknya Anda hindari makanan yang mengandung garam berlebih atau beberapa jenis makanan lain yang disebut dalam artikel menu makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sahur.

Jangan Bermalas-Malasan

Selama puasa, energi kita memang akan menjadi lebih terbatas. Hal tersebut pula yang menyebabkan Anda menjadi jauh lebih tidak bersemangat. Tapi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka jangan pernah bermalas-malasan. Menurut para pakar, Anda jauh lebih mudah membakar lemak selama puasa sehingga bisa memudahkan Anda untuk menurunkan berat badan.

LEAVE A REPLY