berat badan turun dengan timbangan oleh Kesehatan SegiEmpatBagi Anda yang memiliki berat badan berlebih dan beresiko terkena obesitas, mungkin Anda akan berusaha untuk menurunkan berat badan. Karena jika Anda telah terkena obesitas, maka Anda memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang berbagai penyakit mematikan seperti diabetes, jantung atau bahkan stroke.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sukses menurunkan bobot tubuh, yaitu dengan melakukan diet sehat dan juga rutin berolahraga. Namun tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk lebih sering menimbang berat badan untuk mensukseskan program penurunan berat badan.

Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa seseorang yang lebih sering menimbang bobot tubuhya akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menurunkan bobot tubuhnya. Hal ini akan berbeda bagi seseorang yang tidak menimbang berat badannya dalam waktu seminggu. Orang yang seperti ini biasanya justru akan mengalami kenaikan berat badan.

Penelitian ini dilakukan oleh Elina Helander dan tim yang berasal dari Tempere University. Penelitian ini melibatkan 2.838 orang yang diukur berat badannya selama 1 tahun. Di dalam penelitian ini, sebanyak 40 orang memiliki masalah obesitas dengan BMI yang lebih dari angka 25. Padahal mereka juga sedang melakukan program penurunan berat badan.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa keberhasilan seseorang untuk menurunkan berat badannya berbanding lurus dengan intensitasnya dalam menimbang bobot tubuhnya. Meski demikian, para peneliti belum menemukan penyebab yang jelas. Namun yang pasti adalah seseorang yang memang tidak serius menjalani dietnya akan jarang menimbang berat badannya. Demikian juga ketika seseorang sudah berhenti berdiet, dia pasti akan berhenti untuk menimbang berat badannya.

Hasil penelitian ini sendiri menemukan bahwa seseorang yang menimbang berat badannya sekitar sekali dalam seminggu lebih berhasil menurunkan berat badannnya. Tidak hanya itu, rajin menimbang berat badan saat berdiet juga akan membantu Anda untuk selalu memperhatikan pola makan. Jadi jika Anda ingin membuat program penurunan berat badan Anda sukses, sebaiknya Anda rutin menimbang berat badan, kalau perlu sekali dalam sehari. Tapi Anda juga bisa melakukannya sekali dalam seminggu.

LEAVE A REPLY