rabun jauh oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu kelainan mata yang menyebabkan Anda tidak bisa melihat dengan baik objek dengan jarak yang jauh dinamakan dengan rabun jauh atau mata minus. Penyebab dari terjadinya mata minus adalah karena terlalu banyak menghabiskan waktu yang digunakan  untuk memandangi sesuatu dalam jarak yang dekat sehingga mata sudah tidak bisa lagi objek yang berada pada jarak jauh.

Ada berbagai cara untuk mengobati mata minus, bisa dengan kacamata, operasi lasik atau senam mata. Tetapi ketika Anda tidak bisa melakukan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan beberapa cara alami untuk mengobati mata minus, yaitu :

  • Melatih mata untuk melihat benda atau objek dalam jarak yang jauh dengan tidak menggunakan kacamata. Caranya cukup mudah Anda cukup mengunjungi pantai dan sawah yang memiliki sudut pandang yang lebih luas dan jauh
  • Melatih mata melihat benda bergerak. Jika Anda yang sedang beraktivitas di luar ruangan, Anda bisa memperhatikan motor yang sedang berlalu lalang di depan Anda. Yang dapat Anda lakukan cukup memperhatikan dan menelusuri setiap gerakannya. Fokuskan agar Anda mendapatkan bayangan yang utuh.
  • Jika Anda masih bisa melihat dengan jelas tanpa kacamata, lepaskanlah jika penggunaannya tidak begitu penting. Misalnya Anda berada pada ruangan yang sempit.
  • Jika Anda bekerja dengan menggunakan komputer, pastikan bahwa monitor yang Anda gunakan harus dalam keadaan yang baik. Selain itu, setiap setengah jam palingkan penglihatan Anda ke arah lain seperti ke luar jendela.
  • Saat sedang berkendara gunakanlah kacamata, agar mata Anda tidak memiliki kontak langsung dengan debu.
  • Secara rutin, bersihkanlah mata Anda. Jika perlu gunakan tetas mata.
  • Untuk pengobatan herbal, Anda bisa menggunakan daun sirih. Caranya adalah bersihkan daun sirih. Saat Anda akan tidur, tempelkan daun sirih di kelopak mata Anda. Lakukan ini setiap malam.
  • Menggunakan lilin. Cara ini mungkin terdengar gila tapi cukup efektif untuk mengurangi mata minus. Cukup mudah untuk melakukannya, yaitu nyalakan lilin dan tatap apinya tanpa sering berkedip. Lakukan ini dalam waktu yang cukup lama tanpa sering berkedip hingga keluar banyak air mata. Lakukan ini secara rutin.

Meskipun cara pengobatannya mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya, ada baiknya jika Anda mencegah terjadinya mata minus. Dengan cara sering-sering mengarahkan pandangan Anda pada objek yang lebih luas.

LEAVE A REPLY