Penyakit yang Menyebabkan Mata Merah oleh SegiEmpatAnda mungkin selalu mendengar ungkapan bahwa “mata adalah jendela hati” dan hal tersebut benar adanya. Ternyata selain bisa membaca isi hati seseorang, mata juga bisa menjadi cara untuk mendeteksi sebuah penyakit, misalnya mata yang menjadi merah.

Dilansir dari Dailymail, berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa dideteksi dari mata merah :

Hipertensi

Ian Grierson, profesor ophthalmology di University of Liverpool, Inggris mengatakan bahwa salah satu tanda terjadinya tekanan darah tinggi adalah bercak merah pada bagian putih kedua mata. Hipertensi bisa menyebabkan terjadinya perluasan atau bahkan pecahnya pembuluh darah, sehingga dapat meninggalkan bekas merah di bagian putih mata.

Haemorrhageatau Pendarahan

Salah satu tanda bahwa telah terjadi pendarahan subconjunctival, yaitu terjadinya kebocoran darah dalam lapisan kulit tipis bagian depan bola mata adalah jika satu mata Anda tiba-tiba menjadi merah tanpa gejala lain.

Hal ini biasa terjadi, apalagi untuk orang tua. Batuk yang terlalu keras, memar atau pendarahan hidung adalah beberapa penyebab dari hal ini. Menurut Profesor Grierson, biasanya hal ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa pekan.

Peradangan pada Iris

 

Salah satu gejala terjadinya peradangan pada iris atau iritis adalah jika mata berubah merah tua dan berdenyut nyeri di bagian depan.

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, namun biasanya hal ini dipicu oleh reaksi berlebihan dari sistem imunitas tubuh. Biasanya mata merah mulai dari bagian tengah, lalu menyebar dalam cincin merah di sekitar pusat mata dalam kurun waktu 24 – 48 jam. Penyakit ini tidak akan berpindah ke mata yang satunya.

Cold Sore

 

Penyakit ini ditandai dengan terjadinya lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan yang timbul di sekitar wajah, hidung dan mulut. Penyebab dari gangguan kesehatan ini adalah infeksi atau virus lokal yang menyebabkan mata memerah. Biasanya akan terjadi pada suatu mata dan kemudian akan menyebar di keduanya. Penyebab penyakit ini adalah virus herpes simplex tipe 1.

Gangguan ini memiliki gejala lain berupa mata berair, rasa sakit berdenyut di sekitar mata dan rasa sakit berdenyut-denyut.

Jika Anda memiliki cold sore di mulut, sebaiknya Anda selalu mencuci tangan setelah menyentuhnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY