cara melakukan olahraga mata oleh Kesehatan SegiEmpatSejatinya, mata diciptakan agar bisa bekerja dengan baik ketika arah pandangannya 25 derajat ke arah bawah. Agar mata tidak tidak tegang dan tidak mudah lelah, sebaiknya Anda tidak menggunakan cahaya yang redup, kecuali jika Anda ingin membaca. Karena ketika mata mengalami kelelahan, maka Anda akan mengalami beberapa masalah seperti penglihatan kabur, sakit kepala terus menerus, tidak bisa terfokus pada objek dan juga kelelahan.

Selain itu, hal lain yang juga dapat menyebabkan kelelahan mata adalah computer vision syndrome. Masalah ini terjadi ketika Anda terlalu lama menatap peralatan elektronik seperti smartphone, komputer ataupun video game. Saat mengalami sindrom ini, maka Anda akan mengalami mata kerin serta jumlah kedipan mata yang berkurang.

Jadi tidak heran, bagi Anda yang sering menghabiskan waktunya dengan berada di layar smartphone, komputer, video game dan televisi, akan lebih sering mengalami mata lelah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata lelah adalah dengan melakukan olahraga mata.

Olahraga mata adalah salah satu cara untuk memperkuat otot mata serta meningkatkan kestabilan mekanik otot mata. dr Keiki Mehta, yang merupakan seorang ahli bedah mata, mengatakan bahwa, mata seperti bagian tubuh yang lain. Mata juga harus melakukan olahraga agar tetap sehat.

Berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga mata yang bisa Anda lakukan agar kesegaran dan kesehatan mata tetap terjaga :

  • Menutup Mata

Yang harus Anda lakukan adalah memejamkan mata dan kemudian menutupnya dengan menggunakan telapak tangan. Setelah itu, tekanlah mata dengan ringan dan perlahan dan jangan terlalu keras. Hal ini akan membuat mata yang lelah menjadi tenang.

  • Gerakan Berputar

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memutar mata searah dengan jarum jam. Setelah itu, lakukan lagi dengan berlawanan dengan jarum jam. Lakukan gerakan ini setiap setengah jam. Gerakan ini sangat baik dilakukan bagi mereka yang terlalu lama bekerja di depan komputer.

  • Terfokus

Yang harus Anda lakukan adalah memfokuskan pandangan kepada sebuah objek yang berada jauh dari Anda selama 30 detik. Setelah itu, berkediplah dengan cepat sebanyak beberapa kali. Kemudian, Anda mengganti fokus ke benda yang berada di sekitar objek tadi selama 15 detik, lalu kemudian berkedip dengan cepat sebanyak beberapa kali. Lakukan hal ini sebanyak sepuluh kali.

LEAVE A REPLY