menjaga kesehatan mata oleh Kesehatan SegiEmpatBagi Anda yang lebih menghabiskan banyak waktu dengan bekerja di depan monitor, ada baiknya Anda mulai memperhatikan kesehatan mata Anda. Karena hal tersebut dapat membuat mata lelah meski sebenarnya Anda hanya duduk manis di kursi. Terlalu lama di depan monitor dapat membuat mata Anda terasa pedih dan kering.

Beberapa keluhan yang biasa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di depan monitor adalah mata kabur, mata kering dan gatal, tampak merah serta sakit kepala. Mungkin terdengar sepele, namun Anda tidak boleh mengabaikan gejala seperti itu karena hal tersebut bisa jadi merupakan tanda bahwa terjadinya peningkatan tekanan bola mata.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka akibat yang sangat buruk bisa terjadi, salah satunya adalah Computer Vision Syndrome. Sindrom ini akan menyebabkan sakit kepala kronis, kerusakan kornea atau bahkan kerusakan mata yang permanen.

Seperti yang dikutip dari Mens Health, berikut adalah beberapa tips agar mata tetap sehat meski harus bekerja lebih lama di depan komputer :

  • Menyesuaikan Tinggi Monitor

Idealnya, monitor berada 2 hingga 5 cm lebih rendah dari mata. Posisi ini diukur saat Anda duduk dalam keadaan tegak. Dengan begini, ketegangan mata karena pengaruh monitor akan berkurang. Selain itu, paparan cahaya terang dari layar yang mengenai bagian kornea juga akan berkurang.

  • Kurangi Pencahayaan Ruangan

Saat layar monitor terlalu cerah, mata Anda akan cepat lelah. Salah satu hal yang mungkin akan membuat Anda meningkatkan tingkat kecerahan layar adalah cahaya lampu ruangan yang lebih terang daripada layar monitor. Oleh karena itu, sebaikya Anda bekerja dalam ruangan yang cahaya lebih redup dengan menurunkan intensitas cahaya lampunya atau Anda mencari ruangan lain yang cahaya lebih redup.

  • Sering-Seringlah Berkedip

Tanpa Anda sadari, frekuensi kedipan mata Anda akan berkurang saat Anda berada di depan layar komputer. Hal ini kemudian akan menyebabkan mata Anda terasa lelah dan cepat kering. Oleh karena itu, usahakan untuk lebih sering mengedipkan mata. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan obat tetes mata.

  • Mengalihkan Pandangan Setiap 15 Menit

Jika Anda terlalu lama bekerja di depan monitor, istirahatkanlah mata Anda setiap 15 menit. Anda tidak perlu berdiri dari kursi Anda. Anda hanya harus memperluas jangkauan penglihatan Anda selama 10 detik.

LEAVE A REPLY