Mata Tegang oleh SegiEmpatMata merupakan organ tubuh yang tidak kalah pentingnya, bahkan melalui mata kita bisa melihat indahnya kehidupan. Nah, sebagai bagian tubuh yang penting kita tentu harus menjaga mata khususnya terhadap kesehatan mata. Jangan salah, saat mata mengalami masalah seperti gatal, pandangan menjadi kabur hingga masalah sakit kepala itu menandakan jika mata mengalami ketegangan. Paparan sinar dari layar komputer bahkan ponsel adalah dua penyebab mata tegang yang kini banyak terjadi. Tapi tidak perlu khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa cara yang sangat mudah untuk mengatasinya, apa saja? Berikut ulasannya.

Hangatkan Mata

Menghangatkan mata menjadi cara yang baik untuk membuat mata menjadi lebih rilkes. Tapi menghangatkan mata bukan berarti kamu harus menaruh wajah tepat di atas api atau membasuhnya dengan air hangat, melainkan kamu bisa melakukannya dengan kedua telapak tangan. Caranya, kamu bisa menggosokkan kedua telapak tangan sekitar 10-15 detik atau hingga terasa sedikit panas. Setelah itu tutup mata dan tempelkan telapak tangan kamu ke kedua mata selama beberapa detik. Cara ini sangat membantu untuuk mengurangi ketegangan pada mata.

Berkedip

Sadar atau tidak, saat seseorang berada di depan layar komputer, televisi atau ponsel ia sangat sedikit berkedip bahkan untuk beberapa lama. Kondisi itu akan sangat mempengaruhi ketegangan pada mata kamu. Nah, untuk itu sangat disarankan agar kamu mengalihkan pandangan dan berkedip setidaknya 4 sampai 5 lima kali dalam satu detik untuk beberapa saat. Atau jauh lebih baik jika kamu bisa berkedip 3-4 kali saat berada di depan layar komputer, televisi atau smartphone kamu.

Alihkan Pandangan

Satu lagi, untuk beberapa saat kamu juga bisa mengalihkan pandangan kamu dengan sebuah benda yang berada sekita 6 sampai 10 meter dan fokus pada benda itu untuk beberapa saat. Cara ini membantu kamu untuk melemaskan otot siliaris yang tegang atau stres.

Olahraga Mata

Jangan salah, meski terkesan kaku mata juga bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga yang bisa menyehatkannya. Disarankan agar kamu bisa sejenak berhenti dari kegiatan dan memutar-mutar mata, dari kiri atau kanan dan memutar keatas lalu kebawah. Setelah itu tutup mata kamu dan bernafaslah dengan rileks dan santai.

LEAVE A REPLY