manfaat menangis oleh Kesehatan SegiEmpatSaat Anda menangis, Anda tentu akan mengeluarkan air mata. Dan hal ini seringkali diidentikkan dengan kesan cengeng. Namun ternyata menangis dengan mengeluarkan air mata tidak hanya sebagai tanda bahwa Anda sedang sedih. Menangis juga merupakan tanda bahwa Anda sedang bahagia.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari menangis. Yaitu bisa membuat hati Anda menjadi lebih tenang dan juga untuk terapi.

Seorang psikolog kemudian memberi saran bahwa jika Anda memang ingin dan harus menangis, jangan tahan tangisan Anda dan keluarkan air mata Anda. Jangan pernah berusaha untuk menahan air mata Anda. Karena hal tersebut akan bermanfaat untuk Anda. Berikut ini manfaat dari menangis :

  • Menurunkan Stres

Selain berolahraga, salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan stres adalah dengan menangis. Air mata akan membantu untuk menghilangkan beberapa bahan kimia penyebab stres seperti prolaktin dan enkephalin leusin. Jadi bisa dibilang, air mata akan menurunkan tingkat stres. Stres sendiri adalah suatu gangguan yang bisa menyebabkan beberapa masalah seperti tukak lambung, hipertensi dan masalah jantung.

  • Meningkatkan Mood

Saat seseorang menangis, tingkat emosi yang semula tinggi akan menurun. Hal inilah yang kemudian membebaskan kegelisahan, kecemasan, kelelahan, mudah marah, gangguan emosional dan depresi.

  • Membuat Perasaan Lebih Tenang

Salah satu cara terapi yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan frustasi dan kecemasan adalah dengan menangis. Saat menangis, rasa frustasi dan kecemasan Anda akan menurun. Dengan menangis, maka pikiran Anda akan lebih tenang dan sehat sehingga Anda akan merasa lebih santai.

  • Mematikan Bakteri pada Mata

Salah satu fungsi air mata adalah agen anti-virus, anti bakteri dan melawan kuman. Di dalam air mata terkandung lisozim, yang merupakan cairan yang dapat membunuh hingga 95 persen bakteri hanya dalam 5 menit.

  • Membersihkan Mata

Sebenarnya manfaat terpenting dari menangis adalah membuat mata menjadi lebih segar. Air mata akan melumasi kelopak dan bola mata serta mencegah terjadinya dehidrasi pada membran mukosa sehingga membuat mata lebih bersih dan tidak kering.

LEAVE A REPLY