Foto Efek Menatap Layar Komputer Terlalu Lama Oleh Kesehatan SegiEmpatTerkadang, setumpuk pekerjaan membuat kita harus betah berhadapan dengan layar komputer selama berjam-jam. Sebab tugas-tugas tersebut harus segera diselesaikan secara cepat dan tepat. Namun tahu kah Anda? Penelitian terbaru dari JAMA Ophthalmology justru menyatakan bahwa menatap layar komputer atau laptop lebih dari 7 jam ternyata mampu menimbulkan berbagai gejala-gejala yang hampir mirip dengan kondisi mata kering. Bahkan, kondisi tersebut akan membuat produksi sejenis protein di dalam lapisan lender mata menurun drastis. Padahal, protein yang disebut MUC5AC tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban mata kita. Wah? Bahaya juga ya? Lantas? Apakah efek nyata yang akan didapatkan saat kita harus berlama-lama menatap layar komputer atau laptop? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menimbulkan Sakit Mata

Salah satu efek negatif yang akan ditimbulkan saat kita terlalu lama menatap layar komputer atau laptop adalah sakit mata. Umumnya, sakit mata jenis ini akan muncul ketika mata akan cenderung sedikit berkedip saat melihat sinar yang terang. Lain halnya dengan saat kita melihat sebuah obyek dalam kondisi penerangan yang normal. Bukan hanya itu, sakit mata ini juga ditandai dengan berkurangnya air mata pada permukaan mata tanpa adanya produksi air mata baru. Bukan hanya itu, menatap layar komputer atau laptop terlalu lama juga dapat menurunkan kecepatan mata dalam berkedip. Saat kondisi tersebut, mata hanya akan berkedip kurang dari sepuluh kedipan.

2. Mengganggu Penglihatan Mata

Bukan hanya itu saja, ternyata, terlalu berlama-lama menatap layar komputer atau laptop juga akan mengganggu penglihatan kita. Sebab saat itu, mata akan terasa begitu kering. Padahal, mata yang kering akan menimbulkan terjadinya gangguan pada jaringan permukaan depan mata. Dan gangguan tersebut merupakan sumber terjadinya infeksi pada mata. Oleh sebab itu, apabila memang pekerjaan yang menumpuk benar-benar tak bisa Anda tinggalkan, maka berusaha lah untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak saja untuk membuatnya kembali normal.

3. Rawan Terkena Infeksi Bagi Pengguna Softlens

Tahu kah Anda? Ternyata menatap layar komputer atau laptop terlalu lama juga dapat memberikan efek negatif bagi para pengguna softlens atau lensa kontak. Sebab, para pengguna softlens akan lebih intens menggaruk permukaan mata. Parahnya, penggunaan softlens yang lebih dari 10 jam akan membuat air mata yang ada pada permukaan mata mengikis sehingga dapat menyebabkan mata menjadi kering. Padahal, softlens harus dilepas betul-betul saat Anda telah menyelesaikan semua aktivitas harian Anda. Parahnya, cara melepas softlens yang salah dapat menimbulkan infeksi pada bagian mata. Oleh sebab itu, guna menghindari semua efek negatif tersebut, ada baiknya jika Anda mengalihkan mata Anda untuk menatap hal-hal atau benda-benda lainnya minimal selama 15 menit saja. Atau bisa juga Anda mengalihkannya untuk menatap obyek-obyek yang letaknya cukup jauh. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata maksimal empat kali sehari untuk menjaga kelembaban mata Anda.

LEAVE A REPLY