gejala dan pengobatan katarak oleh Kesehatan SegiEmpatMata adalah salah satu organ tubuh yang harus dijaga sebaik-baiknya. Hal ini karena mata adalah cara Anda untuk melihat dunia di sekitar Anda. Ketika terjadi masalah kesehatan pada mata Anda, maka pasti Anda juga akan memiliki masalah dengan penglihatan Anda. Salah satu masalah mata yang paling sering terjadi adalah katarak.

Katarak akan menyebabkan mata menjadi rabun dan lensa mata berselaput. Lensa mata yang keruh membuat cahaya tidak bisa menembus masuk. Tingkat kekeruhan lensa mata ini beragam, mulai dari yang hanya sedikit keruh, hingga betul-betul buram sehingga tidak sedikitpun cahaya yang bisa masuk.

Katarak dapat membuat penyebabnya mengalami miopi, perubahan persepsi pada warna biru dan mata menguning secara perlahan. Jika dibiarkan dan tidak segera mendapatkan penanganan, maka katarak akan menyebabkan orang tersebut mengalami kebutaan. Pada awalnya, katarak ini hanya terjadi pada salah satu mata, tapi kemudian mata lainnya akan terpengaruh sehingga menyebabkan terjadinya katarak.

Dalam keadaan normal, lensa mata mengandung banyak air dan transparan sehingga cahaya lebih mudah masuk. Namun ketika terjadi katarak, maka lensa mata seperti akan berkabut. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan katarak, meskipun lensa mata masih akan selalu membentuk sel-sel baru. Ketika lensa mata menjadi keruh, maka cahaya yang masuk ke dalam retina tidak bisa diproses dan dikirim ke otak.

Biasanya katarak akan terjadi pada seseorang yang telah berusia lanjut, penyakit diabetes dan beberapa jenis obat seperti kortikosteroid. Meskipun katarak masih bisa diobati, namun penyakit ini adalah penyebab utama terjadinya kebutaan.

  • Gejala Penyakit Katarak

Adapun gejala dari penyakit katarak adalah :

  • Lensa mata yang buram ;
  • Penglihatan yang tidak jelas ;
  • Penderitanya akan mengalami penglihatan ganda ; dan
  • Penderitanya akan lebih peka terhadap cahaya atau sinar.

Sebagian penderita mungkin hanya perlu mengganti lensa kacamatanya, menggunakan lensa pembesar ataupun menggunakan kacamata bifokus yang lebih kuat untuk mengatasi katarak. Namun jika ternyata kacamata tidak membantu, maka penderita penyakit katarak harus melalukan operasi untuk penyembuhan katak.

LEAVE A REPLY