fakta unik mata oleh Kesehatan SegiEmpatMata adalah salah satu dari lima panca indra yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Karena selain untuk melihat, ada beberapa fakta unik tentang mata yang akan membuat Anda tercengang. Karena ternyata mata merupakan organ yang begitu menakjubkan.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang mata:

  • Merupakan Otot Teraktif

Mata adalah otot yang paling aktif di dalam tubuh. Hal ini karena mata senantiasa bergerak berfokus pada benda-benda yang ada di sekeliling. Demikian juga ketika kepala sedang bergerak, mata juga akan selalu melakukan perpindahan posisi. Misalnya saja ketika Anda sedang membaca buku selama 60 menit, mata akan melakukan 10.000 gerakan koordinasi. Oleh karena itu, Anda harus lebih sering merilekskan mata ketika sedang membaca atau bekerja di depan layar.

  • Bisa Menyembuhkan Diri Sendiri

Tahukah Anda kalau ternyata mata memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Jika mata mengalami iritasi, maka dia butuh waktu selama 48 jam untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Tidak hanya itu, mata juga memiliki lapisan pupil dan iris.

  • Memiliki Lensa yang Lebih Cepat daripada Kamera

Mata memiliki lensa seperti kamera, yaitu harus menyesuaikan fokus sesuai jarak yang diperlukan. Yang lebih hebat adalah mata memiliki kecepatan memfokuskan lebih cepat daripada lensa kamera. Selain itu, mata juga memiliki rentang dinamis yang lebih lebar sehingga bisa menyesuaikan diri dengan cahaya yang ada melalui pupil.

  • Memiliki Kerja Sama yang Baik

Mata memiliki kerja sama yang baik. Jadi ketika ada salah satu bagian mata yang sedang bermasalah, maka mata lainnya akan melakukan pekerjaan yang lebih keras agar proses penglihatan yang lebih baik. Jadi bisa dibilang kalau mata akan berusaha untuk membuat penglihatan yang lebih baik meskipun salah satu mata bermasalah. Bahkan ketika salah satu mata terkena glaukoma, maka mata yang lain akan bekerja lebih keras untuk membuat penglihatan menjadi lebih baik.

  • Kedipan Mata

Dalam sehari mata akan berkedip hingga 15.000 kali. Mata bisa melakukan 3 kedipan selama satu detik. Kedipan mata berfungsi ini untuk membersihkan mata dari debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata. Kedipan mata ini akan membersihkan dengan begitu efisien dan cepat. Tidak hanya itu, ada waktu-waktu tertentu bagi mata untuk berkedip.

LEAVE A REPLY