fakta menarik penderita buta warna oleh Kesehatan SegiEmpatMungkin Anda pernah berpikir bagaimana seorang penderita buta warna bisa menikmati keindahan dunia ini. Buta warna adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami penurunan penglihatan warna. Orang-orang seperti ini biasanya tidak bisa membedakan warna merah dan hijau. Buta warna terjadi saat seseorang tidak memiliki reseptor yang bisa membedakan antara warna merah dan hijau. Mereka melihat keduanya sebagai hamil yang sama.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang penderita buta warna:

  • Kondisi Ini Normal untuk Mereka

Seorang penderita buta warna hanya bisa melihat satu persen warna dari yang dilihat oleh orang yang memiliki penglihatan normal. Jadi ketika Anda bisa melihat sejuta nuansa warna, mereka hanya bisa melihat 10.000 nuansa warna. Namun karena telah terbiasa, hal tersebut bukanlah masalah bagi mereka.

  • Seringkali Membahayakan

Sebagian besar penderita mungkin tidak akan mengalami masalah dengan gangguan kesehatan tersebut. Namun ada beberapa keadaan dimana gangguan kesehatan ini bisa membahayakan seperti ketika mereka disuguhkan steak yang masih setangah matang atau saat anak-anaknya terbakar sinar matahari. Ada juga beberapa profesi yang tidak memberi larangan bagi para penderita buta warna karena hal itu dapat membahayakan. Masalah buta warna juga bisa menjadi pertanda dari masalah medis yang sangat parah seperti kerusakan syaraf optik atau makula.

  • Banyak Cara untuk “Mengakali”

Meskipun mereka tidak bisa membedakan warna, tapi mereka tidak bodoh. Mereka selalu mencari cara untuk mengatasi masalah warna tersebut. Contohnya pada lampu lalu lintas, mereka sudah hapal bahwa lampu merah berada atas dan lampu hijau berada di bawah. Selain itu, label warna yang berada pada batang krayon seringkali memudahkan siswa buta warna untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Tidak Suka Disuruh Menyebut Warna

Seorang yang menderita buta warna akan merasa kesal saat orang-orang memintanya untuk menyebutkan sebuah warna. Bagi mereka, candaan tersebut tidak lucu. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa hal tersebut adalah hal yang tidak penting.

  • Anda Bisa Membantu Mereka

Jika Anda sedang berkencan dengan seorang yang menderita buta warna, jangan pernah membawanya untuk melihat daun berguguran di musim gugur, pelangi atau matahari terbenam. Bagi mereka daun berguguran itu hanya terlihat kuning dan cokelat, warna matahari terbenam tidak berbeda dengan warnanya saat waktu lainnya sedangkan pelangi hanya terlihat seperti garis biru dan kuning.

LEAVE A REPLY