bahaya mengucek mata oleh Kesehatan SegiEmpatSaat mata Anda kemasukan debu atau benda kecil, perih dan gatal, apa yang akan Anda lakukan? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab mengucek mata. Jika Anda memiliki kebiasaan seperti ini, ada baiknya jika Anda mulai berhenti melakukannya. Karena ternyata menggosok atau mengucek mata justru bisa membuat mata Anda mengalami masalah yang lebih serius.

Saat Anda menggosok atau mengucek mata, pasti Anda akan merasa bahwa mata Anda akan terasa semakin perih. Selain itu, saat Anda melihat di cermin, pasti Anda akan melihat bahwa mata Anda akan menjadi merah. Kedua hal tersebut adalah efek samping yang tidak seberapa dari kebiasaan menggosok atau mengucek mata tersebut. Hal ini terjadi karena pada saat Anda menggosok atau mengucek mata, maka Anda akan memberikan tekanan yang lebih besar kepada bola mata Anda secara tidak langsung. Terlebih lagi karena mata Anda telah kemasukan benda asing.

Dari sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Optometry and Vision Science, ditemukan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan menggosok atau mengucek mata, akan memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami kerusakan mata. Dengan terjadinya kerusakan mata, maka seseorang juga mengalami resiko untuk mengalami masalah yang serius pada penglihatannya.

Professor Charles McMonnies, yang merupakan pemimpin penelitian sekaligus seorang spesialis kontak lensa menuturkan “menggosok mata, melakukan yoga dengan posisi kepala di bawah, tidur dengan wajah menempel pada bantal dan berenang adalah aktivitas yang dapat meningkatkan penekanan pada mata.”

Saat sebuah benda menyentuh kelopak mata, maka mata orang tersebut akan mengalami peningkatan tekanan. Salah satu hal yang bisa memberikan tekanan pada mata adalah cahaya yang silau. Tetapi ketika Anda menggosok mata, maka tekanan yang diterima mata Anda adalah 10 kali lebih besar dari yang semestinya.

Jika kemudian mengucek mata telah menjadi kebiasaan dan sudah terlalu sering Anda lakukan, maka mata dalam jangka panjang, mata Anda akan mengalami kerusakan seperti galukoma, rabun jauh, hingga kebutaan.

Oleh karena itu, saat mata Anda kemasukan debu, gatal dan merah, ada baiknya jika Anda memberinya obat tetes mata. Selain itu, saat Anda tidur, usahakan agar Anda berada pada posisi terlentang.

LEAVE A REPLY