menjaga mata oleh Kesehatan SegiEmpatJika selama ini Anda menyangka bahwa layar monitor itu hanyalah layar komputer, sebaiknya Anda mengubah persepsi Anda. Layar monitor itu tidak hanya layar monitor komputer tetapi juga televisi. Dan pasti hampir sebagian aktivitas Anda dilakukan di depan layar monitor.

Tahukah Anda jika Anda terlalu lama di depan komputer, maka kesehatan mata Anda akan terganggu. Beberapa gangguan kesehatan yang terjadi karena sinar radiasi dari layar monitor adalah mata gatal, perih, merah, panas, mata lelah dan jika dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan memburuknya penglihatan.

Seperti yang dikutip dari Our Vanity, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang diakibatkan oleh layar monitor :

  • Mengatur Iluminasi Layar

Saat Anda sedang berada di depan layar monitor, pastikan agar Anda memeriksa iluminasi layarnya. Jangan terlalu gelap ataupun terlalu terang. Anda juga tidak boleh melihat layar monitor saat berada di ruangan yang gelap karena hal tersebut akan merusak penglihatan Anda. Selain itu, hal lain yang juga harus Anda hindari adalah layar monitor tidak boleh sejajar dengan mata Anda tetapi layar berada sedikit di bawah.

  • Menggunakan Telapak Tangan untuk Menutup Mata

Cara seperti ini disebut dengan teknik palming. Teknik ini akan membantu untuk mencegah agar penglihatan Anda tidak semakin memburuk dan juga bisa membuat sistem saraf yang berada di sekitar mata menjadi lebih rileks. Untuk melakukan hal ini, Anda hanya perlu menggosokkan kedua telapak tangan Anda hingga hangat, setelah itu tutuplah mata Anda dengan menggunakan tangan Anda selama setengah menit. Lakukan hal ini minimal selama 4 menit atau delapan kali. Cara ini akan membuat mata Anda menjadi lebih rileks.

  • Melakukan Olahraga Mata

Olahraga mata diperlukan untuk menghindarkan mata dari kelelahan serta melindungi mata dari efek buruk yang akibat terlalu lama berada di depan layar mata. Gerakan yang dapat Anda lakukan adalah memainkan bola mata. Yaitu dengan menggesernya ke arah kiri hingga hitungan ke delapan, setelah itu geser lagi ke arah kanan hingga hitungan ke delapan juga. Lakukan gerakan ini hingga 3 menit.

Jenis olahraga mata lain yang bisa Anda lakukan adalah mengedipkan mata kiri dan kanan secara bergantian selama minimal 3 menit.

LEAVE A REPLY