solusi masalah penipisan rambut oleh Kesehatan SegiEmpatMasalah penipisan rambut yang bisa berujung pada kebotakan akan membuat para pria merasa tidak percaya diri. Para pria merasa bahwa rambut yang tebal akan membuat mereka terlihat lebih mudah dan lebih macho. Banyak pria yang menganggap bahwa masalah kerontokan rambut di usia yang masih muda terjadi karena gen. Padahal sebenarnya hal ini terjadi karena dihydrotestosterone, yang dihasilkan oleh testosterone. Zat ini akan membuat rambut menjadi lebih tipis sehingga Anda lebih rentan menjadi botak.

Bagi Anda yang mengalami masalah penipisan rambut, berikut ini adalah cara mengatasi:

  • Mencari Tahu Penyebabnya

Sebelum menyalahkan genetik untuk masalah kebotakan Anda, ada baiknya jika Anda mencari tahu penyebabnya. Karena bisa saja masalah kebotakan adalah tanda bahwa Anda mengalami masalah kesehatan. Beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya penipisan rambut adalah kekurangan protein, kekurangan zat besi atau masalah tiroid. Namun masalah ini biasanya baru dideteksi setelah bertahun-tahun. Jadi ketika Anda mulai melihat adanya penipisan rambut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli dermatologi agar Anda bisa menjalani biopsi sehingga penyebab kebotakan bisa dideteksi.

  • Jangan Terlalu Percaya pada Iklan

Berbagai iklan di TV atau internet mungkin akan mengatakan bahwa produknya bisa mengatasi masalah kerontokan rambut yang Anda alami. Namun sebaiknya Anda berhati-hati jika Anda menggunakan produk-produk tersebut karena sebagian besar produk tersebut tidak diuji secara klinis sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.

Ada beberapa produk yang telah disetujui FDA untuk mengatasi masalah kebotakan seperti Propecia dan Rogaine. Namun propecia yang akan menghambat proses perubahan testosteron menjadi dihydrotestosterone akan menyebabkan masalah pada saluran saraf yang menuju ke kelamin. Hal ini kemudian akan membuat Anda mengalami masalah seks seperti kehilangan gairah dan disfungsi ereksi. Sedangkan Rogaine harus digunakan secara teratur dan rutin untuk bisa mendapatkan hasilnya.

  • Pemilihan Sampo

Banyak produsen yang mengaku bahwa produknya dapat mengatasi masalah kerontokan dan membuat rambut Anda menjadi lebih tebal. Namun hanya ada satu zat yang benar-benar bisa mengatasi masalah ini, yaitu ketoconazole. Selain mengatasi masalah ketombe, zat ini juga akan mengurangi produksi testosteron yang akan berubah menjadi dihydrotestosterone pada akar rambut. Menggunakan produk ini secara rutin akan membantu Anda untuk mengatasi masalah rambut rontok.

LEAVE A REPLY