cara mengatasi masalah kebotakanSiapa tak menginginkan rambut indah dan sehat? Bukan hanya wanita, pria pun harusnya concern terhadap masalah yang satu ini. Rambut, terutama yang bagi pria yang beraktivitas di luar ruangan, tentu setiap harinya harus menerima terpaan matahari, debu, bahkan polusi Ibu Kota. Bukan hal yang tidak mungkin membuat rambut kita “stres”. Stresnya rambut bisa berdampak buruk, salah satunya kebotakan.

Androgenic alopecia adalah tanda-tanda rambut rontok atau penipisan rambut yang paling sering terjadi pada manusia. Tak hanya terjadi pada manusia, gejala tersebut juga terjadi pada monyet simpanse dan orang utan. Pada pria, kebotakan biasanya dimulai pada kepala belakang bagian atas (crown area), tak jarang pula dimulai dari kepala belakan bagian atas (crown area) serta dari muka atas (kanan dan kiri atau di receding hair). Berbeda dengan wanita, proses kebotakan pada pria semacam ini meninggalkan rambut yang tersisa di bagian bawah dan menyambung di sisi kepala. Keadaan tersebut disebut Hippocratic Balding.

Seperti yang sudah pernah dibahas oleh SegiEmpat.com dalam artikel sebelumnya berjudul Cara Mengatasi Kebotakan, ada beberapa penyebab kebotakan, salah satunya adalah genetika. Meskipun para peneliti telah dipelajari cukup lama, namun penyebab utama masalah rambut ini masih tetap kurang jelas. Hal yang lebih diyakini, kebotakan berhubungan dengan hormon yang disebut androgen atau dihydrotestosterone (DHT).

Androgen merupakan hormon yang penting bagi perkembangan seksual pria sejak lahir sampai puber. Hormon ini juga berfungsi penting bagi laki-laki dan wanita, untuk mengatur pertumbuhan rambut dan libido (sex drive).

Kebotakan pria disebabkan oleh sensitivitas genetic dari folikel rambut terhadap DHT. Hormon ini menyebabkan folikel menyusut dan menjadi tipis. Kejadian ini menyebabkan usia folikel pendek sehingga menyebabkan ia tidak dapat memproduksi rambut dengan normal.

Bagi Anda yang mengalami masalah kebotakan, segeralah tangani agar kondisi rambut Anda tidak semakin buruk. Ada tiga cara utama untuk mengatasi kerontokan rambut. Salah satunya melalui melalui pengobatan yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, beragam kosmetik perawatan juga banyak tersedia, termasuk wig, hiasan rambut, serta semprotan yang akan membuat rambut terlihat lebih penuh untuk mengisi di daerah yang menipis.

Pria yang mengalami masalah rambut botak diketahui memiliki kekurangan zinc dalam tubuh. Zinc berperan dalam produksi sel hingga keseimbangan hormon yang memengaruhi pertumbuhan rambut. Zat ini juga berperan dalam kelenjar rambut yang mengikat akar rambut. Bila tubuh kekurangan zinc, folikel rambut menjadi lemah sehingga rambut mudah lepas dari akarnya. Untuk mengatasi hal itu, banyak konsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi, seperti daging unggas, daging merah, kacang-kacangan, atau makanan seafood.

Pada dasarnya, rambut manusia terdiri dari protein maka makanan berprotein tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Pilihlah protein tanpa lemak, seperti daging ayam, telur, ikan, kacang almond, yogurt, dan tahu. Makanan tinggi lemak justru akan membuat kadar hormon testoteron pria turun yang berdampak akan pada kerontokan rambut.

Tak hanya itu, zat besi juga memegang peran penting dalam pembuatan hemoglobin, zat dalam darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Bila kadar hemoglobin bagus, oksigen bisa didistribusikan dengan sempurna. Artinya, sirkulasi darah bisa sampai ke akar rambut yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Menambahkan makanan yang mengandung zat besi, seperti telur, sayuran hijau, kismis, serta sereal gandum utuh, dalam menu diet Anda juga sangat disarankan. Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan vitamin C dalam tubuh. Selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga membatu kemampuan tubuh menyerap zat besi. Rambut indah, sehat, dan menawan tentu menjadi idaman setiap orang.

LEAVE A REPLY