Hal yang Benar dan Tidak Benar Tentang Kebotakan PriaBukan hanya wanita yang harus menjaga kesehatan rambutnya, seorang pria pun harus selalu menjaga kesehatan rambutnya. Memoleskan gel rambut mungkin akan membuat rambut Anda terlihat menawan, namun hanya sekejap. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat mengakibatkan kebotakan.

Namun, Anda tidak perlu takut, berikut ini adalah beberapa hal yang benar dan tidak tentang kebotakan :

1. Hal yang Benar

  • Kebotakan disebabkan oleh rokok

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan ditemukan bahwa kebotakan dapat dipercepat oleh kebiasaan merokok.

Tony Hsiu-His, seorang peneliti mengatakan bahwa “merokok dapat mengacaukan folikel rambut, mengurangi sirkulasi darah dan hormon di kulit kepala dan menstimulasi produksi estrogen, hormon yang memerangi pertumbuhan rambut baru.”

Rambut Anda pun akan lebih cepat beruban karena rokok.

  • Kebotakan adalah gambaran awal masalah kesehatan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, ditemukan bahwa, resiko untuk menderita gangguan jantung 9 persen dimiliki oleh pria dengan kondisi kepala yang botak pada bagian depan dan 36 persen untuk pria yang botak separuh.

Hal ini terjadi karena lebih banyak hormone androgini pada pria botak dan hormone tersebut berpengaruh terhadap peningkatan lemak dalam pembuluh darah.

  • Akan tumbuh dua helai uban untuk setiap helai uban yang Anda cabut

Boersma mengungkapkan bahwa “pencabutan uban dapat menyebabkan sobeknya folikel rambu.” Akan tumbuh dua helai uban di tiap rambut uban yang Anda cabut.

  • Rambut Anda akan lebih tebal dan penuh dengan memakan remah roti

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Munster, Jerman, ditemukan bahwa dibandingkan bagian lain dari roti yang utuh, remah roti mengandung antioksidan delapan kali lebih banyak.

Untuk melancarkan aliran darah di kepala dan meningkatkan kadar melamin,  yaitu hormone yang mampu membuat rambut lebih sehat, lebat dan mudah diatur, antioksidan adalah zat yang dibutuhkan.

  • Ketombe dapat disebabkan oleh stres

Ketombe, yang disebabkan oleh jamur, selalu hadir di semua kulit kepala. Boersma mengatakan bahwa “tetapi ketombe akan muncul jika sistem imun tubuh Anda melemah.” Sistem imun melemah dapat terjadi karena stres.

  • Salah satu tanda kecerdasan adalah kebotakan

Protein yang mendorong perkembangan otak berkaitan dengan masalah rambut. Semakin besar kebotakan Anda makan peningkatan protein juga akan semakin tinggi.

2. Hal yang Tidak Benar

  • Kebotakan dipengaruhi oleh garis keturunan ibu

Anda tidak bisa langsung menyalahkan ibu Anda tentang masalah kebotakan meski faktor gen memang mempengaruhi. Karena garis keturunan ayah pun membawa gen kebotakan

Saat ini, gen yang membawa kebotakan telah berkurang. Kebotakan justru disebabkan oleh hal lain.

  • Pria akan terlihat lebih jantan ketika botak

Usia, keturunan dan hormone testosterone adalah penyebab kebotakan sesungguhnya. Jika enzim testosterone telah berubah menjadi dihidrotestosteron, maka Anda akan menjadi botak. Dihidrotestosteron akan menghentikan produksi rambut baru.

  • Pertumbuhan rambut akan terstimulasi dengan berdiri dengan kepala di bawah

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa hal tersebut akan melancarkan pertumbuhan rambut karena mempercepat sirkulasi darah ke kepala. Yang terjadi malahan, Anda akan lebih beresiko untuk terkena penyakit hernia.

LEAVE A REPLY