Menghilangkan komedo adalah bagian dari perawatan wajib untuk memilihara wajah. Salah jika Anda berpikir menghilangkan komedo itu hanya kegiatan untuk wanita saja. Tahukah Anda bahwa sebenarnya komedo itu bisa menjadi awal jerawat? Komedo pada dasarnya terjadi karena adanya penumpukan debu yang menghalangi minyak wajah pada permukaan pori-pori. Selain itu, komedo juga bisa terjadi karena sel kulit yang mati. Apapun penyebabnya, komedo memang sebaiknya dikeluarkan atau dihilangkan sebelum bertambah banyak dan semakin parah hingga menyebabkan jerawat. menghilangkan komedo secara alamiPada dasarnya ada 2 macam komedo yang biasa kita lihat. Komedo dengan pori-pori yang tertutup biasanya akan terlihat seperti tonjolan putih kecil di atasnya. Sementara komedo dengan pori-pori yang terbuka biasanya terlihat menghitam. Tergantung dari seberapa lama komedo ini tidak dikeluarkan, komedo pada pori-pori terbuka akan semakin membesar dan menghitam. Sebenarnya memang lebih baik mencegah komedo itu terjadi sebelum harus dikeluarkan atau dibersihkan. Mencegah komedo bisa dilakukan dengan kebiasaan menjaga dan merawat kebersihan muka. Pada dasarnya mencegah komedo bisa dilakukan dengan 3 cara sederhana:

  • Mencuci muka minimal 2 kali sehari (tergantung aktivitas) dengan sabun PH Balance.
  • Membatasi konsumsi terhadap kalori, lemak atau makanan-makanan yang pedas.
  • Mengurangi penggunaan alas bedak atau foundation.

Tapi tanpa perawatan wajah khusus, mencegah komedo kemungkinan besar sulit untuk dilakukan. Pencegahan yang diberikan di atas setidaknya dapat mengurangi risiko terjadinya komedo. Tapi jika aktivitas Anda sehari-hari banyak berhubungan langsung dengan dunia luar, terkena langsung paparan matahari dan debu jalanan, komedo akan sangat sulit dihindari. Berikut ini kami berikan cara lengkap untuk menghilangkan komedo:

1) Menggunakan Plester Anti Komedo

Mengeluarkan komedo bisa dilakukan dengan plester anti komedo. Plester anti komedo yang cocok dengan jenis kulit Anda bisa secara efektif mengeluarkan semua komedo dalam waktu yang relatif singkat. Anda tidak harus mencari pelster anti komedo ini di salon-salon karena saat ini sudah banyak dipasarkan di mini market dengan berbagai bentuk dan merk. Plester anti komedo tersedia untuk beberapa keperluan. Kebanyakan plester ini khusus untuk membersihkan dan mengeluarkan komedo di daerah segitiga sekitar hidung, sementara sebagian kecil diperuntukkan untuk seluruh daerah wajah. Plester mana yang sebaiknya Anda gunakan, sebaiknya cukup disesuaikan dengan kebutuhan Anda saja. Misalnya, Anda bisa menggunakan plester anti komedo khusus area hidung sebanyak tiga kali seminggu dan menggunakan plester anti komedo untuk membersihkan seluruh wajah sekali seminggu. Sementara merk plester anti komedo apa yang cocok untuk Anda gunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Beberapa plester komedo memang diperuntukkan secara khusus bagi jenis-jenis kulit tertentu, seperti kulit bermunyak atau kulit kering. Untuk mengetahui cara pemakaian plester anti komedo yang baik, silahkan baca artikel berikut: Cara menggunakan plester anti komedo.

2) Menggunakan Lidah Buaya

Satu hal yang perlu Anda ingat dalam persoalan menghilangkan komedo: jangan pernah gunakan bahan kimia berkonsentrat kuat. Beberapa produk kebersihan wajah menjanjikan pembersihan komedo secara efektif dalam waktu yang singkat tapi dengan menggunakan bahan kimia yang bersifat keras. Wajah adalah salah satu bagian kulit yang sangat sensitif terhadap zat-zat kimia. Mungkin saja produk yang Anda gunakan dapat berhasil menghilangkan dan mengeluarkan komedo Anda dengan cepat, tapi pertimbangkan pula efek jangka panjang pada wajah yang akan terjadi. Ada beberapa ramuan orangtua dulu yang secara turun temurun digunakan dan terbukti dapat mengatasi masalah komedo. Salah satunya adalah ramuan masker wajah yang terbuat dari buah lidah buaya. Lidah buaya selama ini dikenal sebagai bahan alami untuk menguatkan akar rambut. Lidah buaya juga sebenarnya memiliki khasiat yang baik untuk kulit, khususnya untuk wajah. Lidah buaya dapat dimanfaatkan khasiatnya untuk mengatasi komedo dengan dijadikan masker. Pada artikel ini sudah kami bahas cara membuat masker wajah lidah buaya: Cara mengatasi komedo dengan masker lidah buaya.

3) Menggunakan Pepaya

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, lidah buaya memang baik untuk kesehatan kulit. Tapi beberapa orang mungkin kesulitan mendapatkan lidah buaya. Tapi jangan kuatir karena masih ada bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai pengganti lidah buaya. Pepaya adalah salah satunya. Pepaya memiliki vitamin yang baik untuk kulit, baik itu dengan cara dikonsumsi atau secara langsung dioleskan pada kulit. Khusus masalah komedo, pepaya adalah salah satu solusi untuk menghilangkannya secara alami. Cara menggunakan pepaya untuk mengatasi komedo sudah kami tulis di artikel sebelumnya: Cara membersihkan komedo dengan masker pepaya.

4) Menggunakan Uap Air

Bagi mereka yang super sibuk, mungkin menyiapkan waktu untuk mengumpulkan bahan dan membuat masker alami agak sulit untuk dilakukan. Masih ada cara alami lain untuk bisa dilakukan agar komedo dapat dihilangkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan uap air bersih. Uap air yang bersih memiliki kemampuan untuk membuka pori-pori yang tadinya tersumbat karena kombinasi minyak dan debu. Khususnya untuk komedo pori-pori terbuka yang semakin menghitam dan membesar, penggunaan uap air untuk menghilangkannya akan sangat efisien. Untuk mengetahui cara memanfaatkan uap air sebagai pembersih wajah alami bisa Anda  baca di artikel kami disini: Mengeluarkan komedo dengan uap air.

Komedo dapat diatasi tanpa harus facial di salon dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, facial di salon juga memiliki risiko yang besar jika tidak dilakukan oleh ahli. Proses mengeluarkan komedo biasanya bahkan bisa menyebabkan bekas luka pada wajah yang membutuhkan perawatan salon lebih lanjut dan lama lagi untuk dihilangkan. Sebisanya, tangani komedo Anda dengan menjaga kebersihan dan metode alami sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Sekian artikel cara menghilangkan komedo yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY