mengatasi iritasi kulit karena kosmetik oleh Kesehatan SegiEmpatKosmetik atau riasan adalah salah satu cara agar wanita bisa tampil lebih cantik dan menarik. Namun sayangnya penggunaan bahan kimia pada kosmetik menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada bahan alami yang bisa mengatasi iritasi kulit karena kosmetik.

Gejala-gejala yang ditimbulkan dari iritasi kulit adalah kulit terasa perih, berwarna kemerahan atau bahkan menimbulkan luka pada kulit. Dengan penggunaan bahan alami ini tidak hanya akan mengatasi masalah kulit Anda tapi juga akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang akan mengatasi iritasi kulit karena kosmetik:

  • Yoghurt

Minuman hasil fermentasi susu ini akan mengurangi rasa perih pada bagian kulit yang mengalami iritasi. Tidak hanya itu, produk ini juga akan membuat kulit menjadi lebih putih dan cerah. Adapun cara penggunaanya adalah terlebih dahulu masukkan yoghurt rasa plain ke dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dinginnya. Setelah itu, basuh wajah Anda dengan menggunakan air dan tunggu hingga kering. Balurkan yoghurt pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Basuh kembali wajah Anda lalu keringkan.

  • Timun

Timun mengandung mineral yang bisa memberikan nutrisi pada kulit serta memberikan efek dingin. Alasan inilah yang membuat mentimun sangat baik digunakan untuk mengatasi kulit yang mengalami iritasi. Adapun cara penggunaannya adalah siapkan satu buah mentimun dengan 1 sendok teh madu asli. Terlebih dahulu buatlah irisan mentimun sebanyak 2 buah yang akan digunakan untuk menutupi mata. Sisa daging buah mentimun dicincang hingga hancur dan campurkan dengan madu. Setelah itu, basuhlah wajah Anda dan biarkan kering. Oleskan masker tadi pada seluruh wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Kedua irisan mentimun tadi kemudian digunakan untuk menutup mata. Setelah itu basuh kembali wajah Anda dan biarkan hingga kering.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah sering digunakan untuk perawatan kulit, termasuk iritasi. Hal ini karena kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk kulit. Adapun cara menggunakannya adalah basuh wajah Anda dengan menggunakan air dan biarkan hingga kering. Setelah itu oleskan minyak zaitun secara merata pada seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 10 menit agar kandungan minyak zaitun meresap. Setelah 10 menit, basuh kembali wajah Anda dan biarkan kering dengan sendirinya.

LEAVE A REPLY