Home » Kesehatan » Solusi Kesehatan » Kesehatan Reproduksi » Hal-Hal yang Menentukan Kualitas Air Mani Pria

Hal-Hal yang Menentukan Kualitas Air Mani Pria


faktor sperma sehat oleh Kesehatan SegiEmpatJika Anda berdua sedang berencana untuk mendapatkan keturunan dan masih saja belum mendapatkan hasil yang menggembirakan, ada baiknya jika Anda dan suami segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Karena keberhasilan pembuahan tidak hanya ditentukan oleh sel telur, tetapi juga oleh sperma yang sehat.

Ketika Anda dan suami telah melakukan pemeriksaan kesehatan kesuburan, maka sperma suami akan dianalisis oleh ahli medis untuk mengetahui kondisi kesehatan sperma tersebut.

Adapun beberapa hal yang menentukan kualitas sperma tersebut adalah :

  • Kualitas

Sperma dikatakan memiliki kualitas yang bagus jika lebih dari empat persen sperma yang diproduksi memiliki struktur dan bentuk yang normal. Jika sperma memiliki bentuk kepala yang oval, dengan ekor yang panjang sehingga bisa membuatnya bergerak dengan cepat, maka sperma itu dikatakan memiliki bentuk yang normal. Namun jika sperma memiliki ukuran yang kecil, kepala yang keriting, meruncing atau bengkok dan memiliki ekor ganda serta pergerakan yang tidak cepat sehingga membuatnya sulit untuk membuahi sel telur.

  • Kuantitas

Jika seorang pria bisa memproduksi lebih dari 39 juta sperma dalam ejakulasi tunggal, maka pria tersebut termasuk dalam kategori subur dan spermanya berada dalam kondisi yang sehat.

  • Pergerakan dari Sperma

Sel sperma harus bisa memiliki pergerakan yang cepat agar bisa sampai ke sel telur. Kecepatan gerak sperma untuk menuju ke sel telur dikenal dengan nama motilitas. Jika lebih dari 40 persen sperma yang diproduksi bisa bergerak dengan cepat, maka sperma tersebut termasuk dalam kategori sehat.

Selain faktor penentu kesehatan sperma, ada hal penting lain yang harus Anda dan pasangan ketahui, yaitu hal apa saja yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan sperma. Karena penurunan kualitas sperma akan menyebabkan penurunan kesempatan untuk terjadi pembuahan.

Saat Anda berdua mulai merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda berdua menghindari yang namanya rokok dan minuman beralkohol. Racun yang terdapat pada rokok akan menyebabkan pergerakan sperma menjadi lebih lambat sedangkan alkohol akan  membuat produksi sperma berkurang.

Selain itu, agar sperma bisa lebih sehat, seorang pria harus menghindari kebiasaan berendam di air hangat dan penggunaan celana ketat, karena kedua hal tersebut bisa membuat produksi sperma menurun.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda juga harus rajin berolahraga, menjaga berat badan serta rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E.

* * * * *

Tentang Reinaldy Gianezar

Selain sangat tergila-gila dengan olahraga basket, penulis ini juga sangat terobsesi membaca buku. Khususnya buku-buku yang berhubungan dengan magis, alien, mesin waktu atau buku apapun yang tidak berunsur edukasi sama sekali. Anda dapat membaca profil lengkapnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>