mengatasi uban rambut oleh Kesehatan SegiEmpatAnda mungkin sering mendengarkan ungkapan “menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan” dan hal itu benar adanya. Dan salah satu tanda dari penuaan adalah tumbuhnya uban. Hal ini mungkin akan sangat mengganggu bagi sebagian orang yang selalu ingin tampil awet muda.

Namun ternyata tidak hanya orang yang telah berusia lanjut yang memiliki rambut beruban, anak muda pun rentan untuk memiliki uban pada rambutnya. Hal inilah yang membuat mereka membutuhkan cara mengatasi uban rambut.

Uban sendiri adalah suatu keadaan dimana tubuh mengalami gangguan untuk mensintesis protein. Sel melanosit yang terdapat dalam tubuh tidak bisa lagi memproduksi melamin sehingga menyebabkan rambut kehilangan warnanya. Hal ini memang akan terjadi pada orangtua. Sedangkan bagi anak muda, mereka mengalam hal ini karena faktor genetik, kekurangan gizi, stres, tegang, shock, terlalu khawatir, terlalu sedih ataupun sakit keras. Selain itu, Anda juga tidak boleh percaya dengan mitos yang mengatakan, jika Anda mencabut sehelai uban, maka akan timbul banyak uban lainnya.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan uban, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi uban rambut :

  • Buatlah secangkir teh pekat lalu tambahkan satu sendok makan garam di dalamnya, lalu dinginkan. Setelah itu, tuangkan ke rambut dan pijatlah kulit kepala. Biarkan ramuan ini selama 60 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Jika Anda sudah memiliki uban di rambut, Anda bisa menggunakan pacar rambut atau henna.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Usapkan pada rambut dan remas. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.
  • Mengkonsumsi Makanan dari Rambut

Selain merawat dari luar, Anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa nutrisi untuk kesehatan rambut seperti :

  • Vitamin A

Yang akan membuat kulit kepala tetap sehat dan rambut menjadi lebih bersinar. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari buah-buahan yang berwarna kuning dan merah serta sayuran hijau.

  • Vitamin B

Yang akan menjaga kesehatan dan kelembaban rambut dengan cara membuat produksi minyak menjadi lancar. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari pisang, sereal, sayuran hijau daun, yoghurt dan hati.

  • Protein untuk Mengatasi Uban Rambut

Yang akan membuat rambut tetap bersinar serta menjaga tekstur rambut. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari biji-bijian, apalagi pada kedelai.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY