Home » Kesehatan » Solusi Kesehatan » Kesehatan Ibu dan Anak » Makanan yang tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Makanan yang tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil


Suatu periode menantang dalam hidup seorang wanita adalah ketika mereka menjalani masa kehamilan. Karena beberapa hal yang biasanya terjadi ketika mereka sedang tidak sedang hamil yaitu mengalami perubahan bentuk badan yang akan memengaruhi keadaan hati serta cara-cara untuk menanggapinya.

Perubahan hormonal yang mendesak seorang ibu hamil untuk mendambakan berbagai jenis makanan yang tidak boleh dimakan adalah tantangan terberat yang biasa dialami oleh ibu hamil. Karena tidak hanya kesehatan ibu yang harus dijaga, tetapi juga kesehatan janin atau calon bayinya karena di dalam rahim, janin akan selalu mengalami perubahan. Jadi, jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh harus sangat diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang wanita ketika mereka mengandung seorang bayi :

1.Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Kandungan yang terbaik dalam seekor ikan adalah protein yang tinggi dan asam lemak Omega-3 yang juga tinggi. Namun, ada beberapa ikan tertentu yang dapat merusak sistem saraf jabang bayi karena banyak mengandung zat merkuri pada lapisan kulitnya.

Biasanya, ikan-ikan kecil mengandung lebih sedikit merkuri jika dibandingkan dengan ikan-ikan besar. King mackerel, tilefish, hiu, dan ikan todak (ikan pedang / swordfish) dan tuna (meskipun kandungan jumlah merkurinya lebih rendah, tetapi tetap harus diwaspadai) adalah beberapa ikan yang direkomendasikan oleh badan pengawas makanan dan obat atau BPOM untuk dihindari oleh wanita yang sedang hamil.

2. Keju yang lunak

Di dalam keju ini, diindikasikan menyimpan bakteri yang dikenal sebagai lead listeria dan dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu keju lunak terutama keju lunak yang diimpor, kemungkinan besar berbahaya bagi ibu hamil. Bakteri yang terdapat pada keju ini dapat mengakibatkan keracunan darah karena dapat melintasi plasenta dan menyebabkan infeksi. Dalam beberapa kasus, dampak yang terjadi karena wanita mengkonsumsi keju jenis ini, maka bayi yang dilahirkan akan menderita penyakit parah.

3. Makanan setengah matang atau mentah yang berasal dari hewan

Virus, bakteri dan parasit banyak terdapat pada daging dan unggas yang kurang matang. Selain itu, selama kehamilan, kemungkinan untuk keracunan bakteri juga lebih tinggi.

4. Telur yang masih mentah

Di dalam telur mentah, terkandung salmonella. Oleh karena itu, selama Anda hamil, jangan pernah untuk mengkonsumsi telur mentah. Adapun beberapa produk yang menggunakan telur mentah adalah mayonnaise atau dressing salad.

5. Minuman yang mengandung kafein

Dalam batas yang wajar, asupan kafein tidak membahayakan. Namun ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan keguguran,  apalagi dalam trimester pertama. Ketika mengkonsumsi kafein, cairan dalam tubuh Anda juga akan lebih banyak hilang sehingga Anda akan kehilangan banyak air dan kalsium karena adanya efek diuretik dari minuman berkafein.

Para peneliti mengatakan bahwa, kelahiran prematur, keguguran dan berat badan bayi yang sangat rendah berkaitan dengan asupan kafein seorang ibu sewaktu dia hamil.

6. Minuman yang mengandung alkohol

Selama masa kehamilan, asupan alkohol sama sekali tidak dianjurkan, berapapun jumlahnya. Maka dari itu, sepenuhnya, alkohol harus dihindari. Karena perkembangan bayi akan dipengaruhi dan dikontaminasi  alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Setelah melahirkan pun alcohol masih harus dihindari karena berbahaya untuk bayi, apalagi bagi Anda wanita menyusui.

Tentang S. Gelmani Rabiah

Seorang wanita yang senang membaca, traveling dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menunggu untuk dipecahkan. Suka main game dan segala sesuatu yang baru. Meskipun terlihat cuek tapi sebenarnya penyayang. Anda dapat membaca profil selengkapnya disini

Berikan Komentar Anda: