Sepatu Hak Tinggi Bisa Memicu Osteoartritis oleh SegiEmpatBanyak wanita yang rela merasa tidak nyaman, sakit dan tersiksa untuk menjaga penampilan dan pesona dirinya. Namun mereka tidak sadar dengan akibat buruk yang bisa terjadi dari hal tersebut, terlebih lagi yang menyangkut masalah kesehatan.

Meski awalnya sepele, namun penggunaan yang terus menerus bisa membahayakan kesehatan. Namun banyak wanita yang masih tidak peduli dan rela merasakan sakit agar bisa dipuji oleh pujaan hatinya.

Contoh dari hal tersebut adalah diet superketat dan penggunaan sepatu hak tinggi yang bisa memicu terjadi tulang keropos atau osteoporosis. Dengan keadaan yang seperti ini, sepatu hak tinggi tidak lagi menjadi sahabat wanita melainkan musuh terbesar.

Pada dasarnya, bukan hanya sepatu hak tinggi yang bisa menyebabkan tulang keropos. Ada berbagai hal lain yang menjadi penyebab dari tulan keropos seperti merokok, minum kopi, mengkonsumsi minuman beralkohol serta pola makan dan diet yang salah.

Ida Wisnubaroto, yang merupakan Ketua 1 Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Pusat mengatakan bahwa “wanita muda harus memiliki kesadaran sejak dini untuk mengantisipasi osteoporosis.” 

Kemudian Ida melanjutkan, penggunaan sepatu hak tinggi memang tidak menurunkan kepadatan tulang secara langsung. Namun kaum wanita sangat rawan untuk terkena pengeroposan tulang karena adanya faktor hormon estrogen. Saat wanita mengalami menopause, dia akan lebih beresiko untuk mengalami tulang keropos dengan lebih cepat karena kalsium di dalam tubuhnya akan hilang dalam jumlah yang banyak. 

Hubungan antara tulang dan sepatu hak tinggi adalah penggunaan sepatu hak tinggi membaut metatarsal head, yang terdapat di sekitar mata kaki menjadi tumpuan dari seluruh bobot tubuh. Dengan begini, wanita pengguna sepatu hak tinggi beresiko untuk mengalami keseleo atau cedera pada kakinya yang dapat mengakibatkan pengapuran sendi atau osteoarthritis.

Pengapuran sendiri sendiri terjadi karena adanya tekanan pada tulang rawan. Cidera yang terjadi pada sendi disebabkan oleh kurangnya lubrikasi. Biasanya gejala dari pengapuran tulan adalah rasa nyeri pada persendian pergelangan kaki.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh America Academy of Orthopedic Surgeon dibuktikan bahwa penggunaan sepatu hak tinggi, apalagi diatas 5 cm, bisa menyebabkan radang sendir pada paha, lutut, tulang panggung, bahkan tulang belakang. Dampak negative lain dari penggunmembuktikan, wanita yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi, terutama yang tingginya di atas 5 cm, banyak yang mengalami radang sendi di sekitar lutut, paha, tulang panggul, bahkan ada yang sampai ke tulang belakang.

LEAVE A REPLY