Kebiasaan Penyebab Tulang Lemah oleh SegiEmpatPola hidup yang mencerminkan kebiasaan sebenarnya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tubuh, baik itu terhadap kesehatan tubuh maupun risiko berbagai penyakit yang terjadi pada tubuh. Boleh dikata jika kebiasaan juga termasuk sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan seperti tulang lemah. Tulang tanpa banyak disadari juga menjadi salah satu organ yang sangat penting. Bayangkan saja seperti apa jadinya jika tubuh kita tidak memiliki tulang atau tulang Anda mengalami gangguan. Tidak hanya gerakan tubuh Anda menjadi lebih terbatas, semua aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari tentu juga akan terganggu. Nah, tentunya Anda tidak mengalaminya bukan? Untuk itu sebaiknya mulai sekarang Anda menghentikan semua kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan tulang menjadi lemah. Apa saja kebiasaan penyebab tulang lemah? Berikut ulasannya.

Kurang Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari lebih banyak dikenal punya dampak buruk terhadap tubuh, khsususnya dari segi penampilan. Ya, paparan sinar matahari memang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap sehingga banyak orang yang sangat takut terkena sinar matahari. Namun, Anda seharusnya hati-hati karena kebiasaan ini juga bisa menyebabkan tulang Anda melemah. Sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang Anda, bahkan juga terhadap kesehatan tubuh.

Kekurangan Kalsium

Kalsium merupakan asupan yang sangat dib utuhkan tulang. Nah, jika Anda kekurangan kalisum tentu kondisi ini dapat menyebabkan tulang Anda menjadi lemah. Banyak orang yang membentuk kebiasaan ini, dimana mereka sangat jarang mengkonsumsi ikan khususnya ikan salmon, susu, yoghurt dan jenis makanan lain yang mengandung kalsium tinggi. Padahal nyatanya kebiasaan tersebut memiliki risiko kehilangan kepadatan tulang, bahkan dari hasil penelitian kekurangan kalsium bisa membuat tulang Anda jadi lebih mudah patah.

Obesitas

Satu lagi bukti nyata jika obesitas memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Selain diabetes, jantung dan stroke obesitas juga termasuk salah satu penyebab tulang lemah. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan tentu tulang. Maka dari itu mulai sekarang hentikan semua kebiasaan yang bisa menyebabkan obesitas.

Kurang Berolahraga

Gaya hidup tidak sehat dan kurangnya kesadaran akan pentingnya berolahraga bagi banyak kalangan seolah sudah menjadi kebiasaan mereka. Kebiasaan ini sudah sering disebut sebagai kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk tulang lemah. Pasalnya, saat Anda kurang berolahraga tulang Anda menjadi lebih kaku sehingga sangat berpotensi menyebabkan tulang dua kali lebih lemah.

Posisi Duduk

Posisi duduk seperti menjadi kebiasaan yang paling sulit untuk di atas, padahal kebiasaan ini juga termasuk sebagai penyebab tulang lemah. Posisi duduk yang buruk dapat menyebabkan tulang dua hingga tiga kali lebih lemah.

LEAVE A REPLY