malas sikat gigi oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada rongga mulut adalah gingivitis. Penyakit ini adalah suatu keadaan dimana biofilm atau plak menyebabkan peradangan pada gusi. Seringkali penderitanya tidak merasakan penyakit ini sehingga tidak menggubrisnya.

Buruknya kebersihan rongga mulut yang dapat menyebabkan terbentuknya plak pada gigi adalah penyebab utama terjadinya gingivitis. Simbiosis sisa makanan dan bakteri dalam mulut adalah penyebab dari pembentukan plak dalam mulut.

Sebenarnya ada cara mudah untuk menyingkirkan plak pada mulut, yaitu dengan membiasakan diri menyikat gigi dua kali dalam sehari. Jangan sampai Anda membiarkan plak menumpuk karena jika tidak maka proses pembersihannya lebih sulit dan lebih mahal.

Selain itu, plak yang lebih lama tertinggal dalam gusi juga dapanya mengiritasi bagian gusi yang menjadi dasar gigi, yang dinamakan dengan gingiva. Hal ini kemudian akan membuatnya membengkak dan mudah untuk berdarah. Selain buruknya kebersihan rongga mulut, beberapa hal lain yang menjadi penyebab dari gingivitis adalah mulut kering, nutrisi buruk, infeksi jamur dan virus, diabetes, konsumsi tembakau, usia lanjut, konsumsi obat-obatan , penyakit yang berhubungan dengan darah dan kekebalan tubuh, perubahan hormon dan penanganan yang salah saat sakit gigi.

Dalam penelitian telah ditemukan bahwa ada berbagai penyakit mematikan yang bisa disebabkan oleh gingivitis seperti paru-paru, jantung dan stroke. Untuk ibu hamil, penyakit ini dapat mengakibatkan prematur atau berat janin yang dibawah normal.

Meski begitu, penyakit ini bisa diobati dengan cara, melakukan pola yang benar saat menyikat gigi, membersihkan seluruh permukaan gigi agar plak bisa hilang, melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, jika ada bagian gigi yang rusak sebaiknya segera diperbaiki.

Jika ternyata ada masalah dengan gigi Anda dan telah diperbaiki, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter. Dengan melakukan hal ini secara rutin, dijamin gusi Anda akan kembali sehat dengan cepat.

Selain itu, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah gunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut. Gunakan sikat gigi tersebut paling lama empat bulan. Setiap 6 atau 12 bulan sekali, lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui masalah yang sedang terjadi pada rongga mulut Anda.

LEAVE A REPLY