penyebab dan gejala Gingivitis oleh Kesehatan SegiEmpatGingivitis adalah radang yang terjadi pada gusi sebagai akibat dari infeksi bakteri. Penyakit ini adalah salah satu penyakit periodontal, yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Adapun hal yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah buruknya kebersihan mulut. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah menyikat gigi secara teratur dan penggunaan benang gigi atau dental floss.

Hal lain yang menjadi masalah bagi kesehatan mulut adalah sebagian besar masyarakat malas memeriksakan kesehatan mulutnya hingga akhirnya menimbulkan masalah tertentu. Padahal masalah mulut juga bisa memicu berbagai penyakit lain bagi tubuh seperti reumatik, diabetes, jantung, kanker, bahkan masalah pada otak.

Gigi yang rusak akan sangat rentan untuk menimbulkan berbagai penyakit pada bagian tubuh lainnya, contonya encok pada persendian. Namun tidak menutup kemungkinan kalau gigi yang sehat juga rentan untuk terkena infeksi. Pada dasarnya, penyebab infeksi adalah karang gigi atau plak adalah ketika dia terlalu lama menempel ataupun sisa dari akar gigi yang masih tertinggal saat gigi patah atau dicabut.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah hal yang paling sering menyebabkan terjadinya gingivitis adalah buruknya kebersihan mulut yang kemudian menyebabkan pembentukan plak. Plak sendiri tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi dengan benar dan rutin. Plak biasanya akan terbentuk dalam jangka waktu 24 jam, oleh karena itu, Anda harus rajin menyikat gigi. Karena jika plak menumpuk, maka Anda hal tersebut akan menyebabkan karang gigi. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka akan membuat gusi menjadi lunak, bengkak dan lebih mudah untuk terkena infeksi.

Adapun beberapa gejala dari gingivitis adalah gusi yang membengkak ; gusi berwarna kemerahan ; gusi menjadi lebih lunak ; gusi lebih mudah mengalami pendarahan ; dan bentuk gusi berubah menjadi agak bulat.

Jika Anda mengalami hal ini, maka hal pertama yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan melakukan scaling atau membersihkan karang gigi. Setelah dilakukan pembersihan, dokter kemudian akan kembali memeriksa keadaan gigi Anda sepekan kemudian. Jika ternyata Anda mengalami masalah, maka dokter akan memberikan pengobatan tertentu.

LEAVE A REPLY