kebiasaan sehat menjaga kesehatan gigi oleh Kesehatan SegiEmpatGigi adalah salah satu bagian tubuh yang kecil dan terdapat di dalam rongga mulut. Meski ukurannya kecil, namun gigi memiliki peran yang penting untuk tubuh. Gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan yang akan masuk dalam dalam pencernaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dengan melakukan kebiasaan sehat. Kebiasaan ini akan membuat gigi Anda tetap kuat dan sehat sehingga fungsinya untuk menghancurkan makanan bisa lebih optimal.

Berikut ini adalah kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan gigi:

  • Mengurangi Konsumsi Makanan dan Minuman yang Bersifat Asam

Makanan dan minuman yang bersifat asam akan mengikis gigi jika dikonsumsi secara terus menerus. Jika gigi terkikis, maka bukan tidak mungkin kalau gigi akan berlubang dan menimbulkan rasa sakit. Contoh makanan yang mengandung asam adalah jeruk atau asam. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan seperti ini. Kalaupun Anda mengkonsumsinya, sebaiknya Anda rajin membersihkan gigi. Namun Anda harus menunggu selama 30 menit setelah mengkonsumsi makanan asam sebelum menyikat gigi.

  • Kurangi Konsumsi Makanan yang Keras

Jenis makanan lain yang juga akan membuat gigi lebih mudah terkikis adalah makanan yang bersifat keras. Jika Anda memaksa gigi untuk menggigit makanan yang keras, maka enamel gigi akan rusak secara perlahan. Jika hal ini dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin kalau gigi Anda akan benar-benar rusak dan tidak bisa lagi digunakan.

  • Tidak Mengkonsumsi Makanan yang Terlalu Dingin atau Terlalu Panas

Terkadang menikmati makanan yang masih panas atau dingin adalah sesuatu yang nikmat. Namun terus menerus melakukan ini akan membuat gigi seringkali mengalami perubahan suhu mendadak. Perubahan suhu inilah yang kemudian akan membuat gigi menjadi rapuh dan mudah untuk retak.

  • Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan seperti cokelat dan gula akan membuat gigi mengalami pembusukan sehingga akhirnya gigi akan berlubang dan menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi buah yang bisa memberikan rasa manis secara alami.

  • Konsumsi Sayuran untuk Membersihkan Gigi

Salah satu cara alami untuk membersihkan gigi adalah dengan mengkonsumsi sayuran yang tinggi serat. Sayuran ini akan mengikat kotoran pada gigi sehingga gigi akan selalu bersih. Adapun beberapa sayuran yang bisa membersihkan gigi adalah aple, mentimun, lobak dan wortel.

LEAVE A REPLY