kebiasaan menyikat gigi yang salah oleh Kesehatan SegiEmpatUntuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Membersihkan gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi akan menghilangkan kotoran dan sisa makanan yang menempel di gigi. Kebiasaan ini harus selalu dijaga agar sisa makanan tersebut tidak menjadi penyebab gigi berlubang.

Selain itu, ada juga beberapa kebiasaan menyikat gigi yang harus dirubah atau bahkan dihilangkan. Alih-alih menjaga kebersihan gigi, kebiasaan tersebut justru bisa merusak gigi.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan menyikat gigi yang sebaiknya digunakan:

  • Penggunaan Jenis Sikat Gigi yang Salah

Kesalah pertama adalah penggunaan tipe sikat gigi. Sikat gigi biasanya memiliki 4 tingkat kelembutan, yaitu extra soft, soft, medium dan soft. Tapi banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini dan menggunakan sikat gigi secara sembarangan. Padahal untuk menjangkau seluruh sudut gigi, sebaiknya Anda menggunakan sikat gigi yang tingkat kelembutannya extra soft atau soft.

  • Penggunaan Pasta Gigi

Karena terpengaruh iklan, maka banyak orang yang menggunakan pasta gigi di sepanjang sikat giginya. Padahal sebenarnya, jumlah ideal penggunaan pasta gigi adalah hanya sebesar biji kacang atau hanya di sekitar ujung sikat gigi. Selain itu, banyak juga orang yang terpengaruh dengan iklan yang mengatakan bahwa sebuah produk pasta gigi dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Padahal hasil yang didapatkan tidak akan semaksimal yang dilihat di iklan.

  • Cara Menyikat Gigi

Kebiasaan buruk berikutnya adalah menyikat gigi ke arah samping. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Adapun cara menggosok gigi yang benar adalah dengan cara memutar.

  • Tidak Membersihkan Lidah

Bakteri penyebab bau tidak sedap pada mulut tidak hanya bersarang di gigi, tapi juga di lidah. Namun banyak orang yang sering lupa membersihkan lidahnya. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan lidah setelah menyikat gigi dengan menggunakan pembersih lidah atau menggosokkan sikat gigi secara lembut dengan arah berlawanan.

  • Terlalu Lama Menggunakan Sebuah Sikat Gigi

Sebuah sikat gigi sebaiknya digunakan paling lama tiga bulan sejak pertama kali digunakan. Setelah lewat dari situ, sebaiknya sikat gigi segera diganti. Tanda lain yang menunjukkan kalau sikat gigi sudah harus diganti adalah jika ujung sikat sudah berubah bentuk dan bulu sikat sudah tidak beraturan.

LEAVE A REPLY