menyembuhkan sariawan oleh Kesehatan SegiEmpatSaat Anda memiliki sariawan di mulut, tentu Anda akan sangat terganggu. Rasa perih yang terdapat di dalam mulut pasti akan sangat menjengkelkan sehingga bisa membuat suasana hati Anda menjadi berantakan.

Sariawan atau stomatitis adalah sebuah bisul berwarna merah yang tumbuh di dalam mulut. Beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan adalah kekurangan asam folat dan vitamin B, alergi terhadap pasta gigi, kebiasaan mengkonsumsi rokok, makanan pedas atau alkohol, pencernaan yang buruk dan stress.

Mungkin Anda berpikir untuk mengkonsumsi obat untuk meredakannya tetapi bisa saja obat tersebut memiliki efek samping bagi Anda.  Sebagai solusinya, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa meredakan sariawan. Seperti yang dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang bisa meredakan sariawan :

  • Air Kelapa

Tidak ada bagian dari kelapa yang tidak bisa dimanfaatkan, termasuknya airnya. Selain menyegarkan, air kelapa juga bisa menyembuhkan penyakit. Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan oleh air kelapa adalah sariawan.

  • Asam Folat

Meskipun terlihat sepele namun penyakit ini akan selalu timbul. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi asam folat. Beberapa jenis sayuran yang mengandung asam folat adalah asparagus, bayam, lobak, kacang polong hijau dan selada. Sedangkan buah-buahan yang bisa menyembuhkan sariawan adalah jeruk, kacang-kacangan, pepaya, pisang dan nanas.

  • Buah

Seperti yang telah diketahui bahwa salah satu vitamin yang bisa meredakan sariawan adalah vitamin C. Beberapa jenis buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut adalah pisang, jeruk dan nanas. Selain meredakan sariawan, buah-buahan tersebut juga berguna sebagai anti-inflamasi dan melancarkan pencernaan.

  • Makanan yang Kaya akan Zat Besi

Salah satu nutrisi yang bisa membantu untuk menyembuhkan sariawan adalah zat besi. Beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, bubur gandum, brokoli, daging sapi, hati ayam, kalkun, labu, sereal, telur, tiram dan wijen.

  • Vitamin B

Beberapa penyakit yang bisa terjadi karena kekurangan vitamin B adalah kurang darah, depresi, sariawan dan depresi. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin B Anda dengan cara mengkonsumsi daging, rice milk, susu kedelai, telur, telur ikan, tiram dan susu kedelai.

LEAVE A REPLY