Bahaya Penggunaan Kawat Gigi oleh SegiEmpatPenampilan, itulah hal yang paling sering menjadi alasan seseorang menggunakan kawat gigi selain untuk memperbaiki susuna gigi atau memperbaiki susunan rahang. Tak heran sekarang ini setidaknya sudah ada jutaan remaja yang menggunakan kawat gigi.

Di satu sisi penggunaan kawat gigi memang cukup membantu untuk memperbaiki struktur gigi atau rahang sekaligus juga menjadi penambah penampilan. Sayangnya di sisi lain penggunaan kawat gigi juga memiliki kerugian tersendiri, bahkan sebenarnya cukup membahayakan kesehatan. Benarkah? Lantas seperti apa bahaya penggunaan kawat gigi?

Menyebabkan Luka

Umumnya kawat gigi memang dirancang agar tidak menimbulkan luka di bagian dalam mulut, bahkan kawat gigi juga dirancang khusus agar tidak mudah putus. Sayangnya hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika kawat gigi bisa bertahan lama, bahkan bisa saja saat kamu makan kawat gigi yang kamu gunakan rusak bahkan putus. Hal inilah yang sangat mungkin menyebabkan luka di dalam mulut.

Menyebabkan Nyeri Rahang

Bagi para pengguna kawat gigi pastinya sudah sangat akrab dengan rasa nyeri di bagian rahangnya. Hal ini karena penggunaan kawat gigi memang akan membuat rahang terasa tegang dan tertarik sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat. Jangan salah rasa nyeri di rahang juga bisa menjalar ke bagian kepala. Mungkin hal tersebut terlihat hanya bagian dari proses penggunaan kawat gigi, namun dalam jangka panjang kondisi tersebut bisa saja menyebabkan gangguan yang lebih berbahaya.

Kerusakan Jaringan Mulut

Luka di bagian mulut dan juga rasa nyeri di bagian rahang adalah salah satu kondisi yang sebenarnya cukup serius. Bahkan dari hasil penelitian, luka, pendarahan dan rasa nyeri dapat menyebabkan kerusakan jaringan mulut yang cukup berbahaya.

Akar Gigi jadi Pendek

Hal ini juga menjadi salah satu masalah yang sering kali dialami oleh pengguna kawat gigi. Pemendekan akar gigi atau yang dikenal resorpsi akan merupakan akibat buruk dari penggunaan kawat gigi jangka panjang. Hal ini pastinya akan membuat gigi jadi lebih mudah tanggal alias mudah terlepas dari bagian gusi.

Selain gangguan di atas, masalah gigi kuning, kerusakan gigi dan juga bau mulut adalah dampak lain dari penggunaan gigi kawat. Bagaimana masih tertarik menggunakan gigi kawat? Bukannya cantik tapi malah justru bikin susah ya gak?