mencegah gigi sensitif oleh Kesehatan SegiEmpatKetika Anda mengalami rasa ngilu pada gigi ketika Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu asam, terlalu manis, terlalu panas atau terlalu dingin, maka Anda telah mengalami gigi sensitif. Namun rasa sensitif yang dialami setiap orang berbeda.

Ada dua jenis penyebab gigi sensitif, yaitu sensitivitas dentinal dan sensitivitas pulpa. Terjadinya sensitivitas dentinal adalah karena email yang terdapat pada gigi telah terkikis. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan terlihatnya bagian tengah gigi. Sedangkan terjadinya sensitivitas pulpa adalah terjadinya kerusakan saraf pada jantung gigi.

Ketika seseorang terkena sensitivitas genital, maka semua giginya akan mengalami ngilu sedangkan rasa ngilu yang disebabkan oleh sensitivitas pulpa adalah hanya terjadi pada salah satu gigi yang mengalami kerusakan.

Salah satu hal yang menjadi penyebab terbesar dari gigi sensitif adalah kesalahan ketika menyikat gigi. Banya orang yang menggosok giginya dengan kuat dan lama dengna alasan ingin membuat giginya bersih. Padahal hal tersebut justru akan membuat lapisan pelindung gigi dan enamel terkikis sehingga menyebabkan gigi menjadi ngilu saat terkena asam.

Selain itu, menyikat gigi dengan cara yang tidak benar juga menyebabkan cengkaraman gigi terhadap gusi melemah. Ketika posisi gusi turun, gigi akan lebih mudah digoyangkan sehingg akan lebih mudah untuk terkena asam.

Sangat penting untuk selalu memperhatikan kebiasaan menggosok gigi, karena seseorang yang sering lupa untuk menggosok giginya akan menyebabkaan giginya mudah rapuh. Hal ini terjadi karena kadar asamnya semakin tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat plak lebih mudah berkembang sehingga membuat gigi sensitif.

Mengkonsumsi minuman atau buah yang asam juga memberi konstribusi serupa, yaitu dapat membuat enamel gigi lebih mudah terkikis.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat, Anda harus menggunakan sikat gigi yang lebih dan pasta gigi berflouride. Anda juga harus menghindari makanan yang akan membuat Anda lebih sulit mengunyah dan menelan. Serta menghindari makanan yagn terlalu asam, panas dan dingin.

Namun juga Anda telah mendapatkan gigi sensitif, Anda masih bisa mengobatinya. Anda bisa melindungi email gigi yang terkikis dengan melakukan perawatan bonding, melapisi akar gigi yang terekspos dengan fluoride, melindungi akar gigi dengan dentin seales dan merawat pulpa dengan root canal treatment.

LEAVE A REPLY