Foto Menghindari Kanker Payudara Oleh Kesehatan SegiEmpatKanker payudara merupakan salah satu penyakit yang membunuh banyak wanita di dunia. Oleh sebab itu, mencegahnya lebih baik daripada mengobati. Sebab pencegahan kanker payudara dapat dilakukan dengan cara-cara yang relatif mudah dan murah apabila memang kita berniat untuk melakukannya. Lantas? Bagaimanakah cara sederhana untuk menghindari resiko terkena kanker payudara? Yuk, simak tips lengkapnya berikut ini.

 

1.  Menjaga Berat Badan

Selain menghindari diri terkena berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hipertensi, asam urat, dan penyakit-penyakit kronis lainnya, memiliki berat badan yang stabil ternyata juga mampu membantu kita untu mengurangi resiko terkena kanker payudara. Caranya cukup mudah, selain melakukan diet sehat dan menjalankan pola makan yang benar, kita pun juga harus mengontrol BMI atau Body Mass Index secara berkala agar tak lebih dari 25 (kondisi normal). Anda cukup membagi berat badan Anda dengan kuadran tinggi dalam meter sehingga Anda mengetahu berapakah BMI Anda. Menurut beberapa penelitian, cara ini terbukti signifikan untuk menurunkan resiko terjangkitnya kanker payudara. Selain itu, menjaga BMI agar tetap normal juga terbukti menurunkan resiko terkena kanker payudara pasca-menopause.

2.  Bisakan Menghindari Alkohol

Tahu kah Anda? Pengguna alkohol merupakan salah satu orang yang memiliki resiko terbesar terkena kanker payudara. Bahkan, hasil studi menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih dari satu minuman beralkohol per hari akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara hingga 20-25 persen.

 

3.  Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran

Ada baiknya, jika mulai kini kita perlahan mengganti kebiasaan mengonsumi makanan-makanan berlemak dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Biasakan untuk memakan minimal tujuh porsi sayur setiap harinya guna menurunkan resiko terkena kanker payudara. Anda dapat memilih sayuran seperti brokoli, kubis, kecambah, brussels, kembang kol, sayur, kangkung, bayam, wortel dan tomat untuk menghindari resiko terkena kanker payudara. Bukan hanya itu, Anda pun juga dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan seperti jeruk, buah-buahan jenis berry, hingga ceri untuk menguatkan perlindungan tubuh. Ada baiknya pula jika Anda mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi sayuran mentah atau yang hanya dimasak sebentar saja guna menghindari hilangnya kandungan phytochemical (senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap resiko kanker payudara) yang dapat terdenaturasi karena panas.

 

4.  Biasakan Diri Untuk Mengurangi Lemak

Selain itu, cobalah untuk membiasakan diri menurunkan konsumsi lemak jenis omega-6, lemak trans, dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan terjadinya kanker payudara. Sebaliknya, gantilah konsumsi lemak dengan lemak omega-3 yang banyak terdapat pada minyak ikan salmon, tuna, dan makarel. Bukan hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan konsumsi jenis minyak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, minyak dari kacang-kacangan atau biji-bjian dan alpukat yang dapat memberikan sumber lemak utama dalam diri Anda dan memiliki sifat anti-kanker.

LEAVE A REPLY