Mencegah Paparan Zat Kimia Penyebab Kanker oleh SegiEmpatSetiap orang ingin sehat dan pastinya setiap orang tidak ingin terjangkit penyakit apalagi penyakit mengerikan seperti kanker. Anda pastinya juga seperti itu kan?

Agar sehat dan terhindari dari penyakit kita selalu disarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Seperti rajin berolahraga, makan makanan bergizi dan pola makan yang seimbang. Namun kadang kita sendiri masih lupa dengan lingkungan sekitar.

Sudah bukan rahasia lagi jika ada banyak zat kimia disekitar kita yang sangat mengancam kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit mengerikan salah satunya penyakit kanker. Nah, untuk itu selain pola hidup sehat kita juga wajib untuk mencegah paparan zat kimia agar terhindar dari penyakit mengerikan. Bagaimana caranya?

Kurangi Penggunaan Bahan Kimia

Zat kimia sebenarnya sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, hanya saja kita sendiri kadang tidak menyadarinya. Salah satunya adalah environmental protection agency atau EPA yang merupakan sisa-sisa residu bahan kimia dari tanaman nonorganik atau pun cairan pembasmi serangga hingga cairan untuk merawat tanaman.

Ya, hal tersebut kadang tidak kita sadari padahal sisa-sisa residu bahan kimia tersebut juga bisa menjadi penyebab kanker. Nah, untuk mencegah paparan zat kimia penyebab kanker tersebut sebaiknya mulai sekarang kita mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia di rumah. Seperti cairan pembasmi serangga atau cairan untuk merawat tanaman, lantas apa yang harus Anda lakukan? Terlebih lagi belakangan ini serangga seperti nyamuk semakin banyak?

Sebagai gantinya Anda bisa melakukan cara-cara tradisional, seperti rutin membersihkan rumah, merapihkan barang-barang yang bisa menjadi sarang nyamuk dan serangga, menutup atau mengubur barang-barang bekas yang bisa jadi ladang jentik nyamuk hingga menutup setiap lubang yang bisa menjadi jalan tikus untuk masuk ke rumah. Sedangkan untuk tanaman Anda bisa menggunakan kompos.

Jaga Kebersihan Bahan makanan

Para petani makanan non-organik kadang menggunakan bahan kimia untuk menyuburkan tanaman dan memaksimalkan hasil pertanian. Memang sebelum hasil pertaniannya di lepas ke pasaran bahan-bahan nonorganik tersebut sudah lebih dulu dibersihkan. Hanya saja kadang sisa-sisa residu bahan kimia masih melekat. Nah, untuk mencegah terpapar zat kimia sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan kebersihan.

Mencuci bahan makanan dengan menggunakan air keran atau hanya sekedar membilasnya pun tidak sepenuhnya bisa merontokkan sisa-sisa residu bahan kimia. Untuk itu sebaiknya sebelum digunakan rendam terlebih dulu selama beberapa menit atau mencucinya dengan cairan pembilas tanpa zat kimi seperti menggunakan setengah cangkir cuka putih ke dalam air rendaman.

Nah, sudah tahu kan apa yang harus Anda lakukan? Semoga bermanfaat ya.