kebiasaan sehat pencegah kanker oleh Kesehatan SegiEmpatPenyakit kanker adalah salah satu pembunuh terbesar di dunia. Penyakit mengerikan ini telah merenggut nyawa banyak orang. Kanker ini terjadi karena pola hidup tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus menjalankan kebiasan sehat untuk mencegah kanker. Kebiasaan tersebut mungkin terlihat sepele namun ampuh untuk mencegah penyakit mematikan ini.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehat pencegah kanker:

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang dimaksud adalah buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Bahan makanan ini terbukti mengandung serta yang bsia membantu untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti mulut, usus dan perut. Selain itu, sebaiknya Anda mengganti nasi putih dengan roti gandum utuh atau nasi merah yang mengandung lebih banyak serat.

  • Tertawa

Tertawa adalah tanda bahwa Anda sedang bahagia sekaligus cara untuk menyehatkan tubuh. Kegiatan menyenangkan ini akan menekan hormon stres, meningkatkan imunitas tubuh serta merangsang pertumbuhan sel yang bisa melawan sel kanker. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda selalu tertawa setiap harinya.

  • Lebih Sering Bergerak

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Regensburg, Jerman menemukan bahwa seseorang yang sering duduk selama 2 jam setiap harinya akan memiliki resiko 10 persen lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru, usus dan rahim. Tidak hanya itu, orang-orang yang jarang menggerakkan tubuhnya juga akan beresiko terkena kanker. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda selalu meluangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya, bahkan jika itu hanya olahraga ringan.

  • Memacu Detak Jantung

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa melakukan kegiatan yang memacu detak jantung akan membantu untuk menurunkan resiko kanker sebanyak 30 persen. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memacu detak jantung seperti berkebun, jalan kaki atau bahkan hanya sekedar mengepel rumah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan kegiatan yang Anda sukai secara rutin.

  • Mengkonsumsi Bawang Putih

Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, namun bahan makanan ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa melawan kanker. Hal ini karena bawang putih mengandung kanker. Sebuah hasil penelitian bahkan menemuka nbahwa bawang putih bisa menurunkan resiko kanker usus. Anda bisa menambahkan bawang putih pada makanan berkuah yang akan sajikan.

  • Tidur Dalam Gelap

Sudah banyak hasil penelitian yang menemukan cahaya berlebihan yang diterima di malam hari bis meningkatkan resiko kanker prostat dan kanker payudara. Hal ini karena cahaya tersebut akan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol, yaitu hormon penyebab stres, yang bisa membuat imunitas tubuh menurun. Tidur dalam keadaan gelap juga bisa membantu untuk menjaga kestabilan hormon melatonin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

LEAVE A REPLY