Sebagai penyakit yang punya identitas sebagai penyakit mematikan, kanker tentunya menjadi salah satu penyakit yang paling di takuti oleh semua kalangan. Namun, bagaimana pun hal tersebut bukan menjadi hal yang bisa menghalangi kanker menjangkiti seseorang. Kanker hanya bisa di jegah dengan pola hidup sehat dan penanganan sedini mungkin menjadi cara yang paling tepat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Bagi wanita kanker payudara menjadi penyakit yang paling menakutkan, pasalnya selain faktor genetik kanker payudara bisa menjangkit siapa saja.

Penyakit kanker payudara memang selama ini lebih banyak menjangkit pada wanita, tapi jangan salah hal tersebut bukan berarti kanker payudara tidak akan mungkin menjangkiti pria. Temuan dari para peneliti mengungkapkan jika kanker payudara pria juga bisa terjadi. Benarkah, kanker payudara bisa menjangkit pria?

Menurut salah seorang pakar peneliti kanker di salah satu universitas ternama dunia menyatakan jika kanker payudara tidak hanya mengenai wanita tapi juga pria. Hal ini memang terdengar aneh tapi faktanya kejadian tersebut memang benar. Sederhanaya wanita dan pria memiliki organ payudara dan sel-sel hormon yang sama meski lebih tingkat prouksinya jauh lebih banyak pada wanita.  Salah satunya adalah hormon esterogen yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker payudara. Dari hasil penelitian ditemukan fakta jika perteumbuhan hormon esterogen tersebutlah yang bisa menyebabkan kanker payudara pada pria. Meski dalam jumlah yang sedikit pertumbuhan hormon esterogen pada payudara pria juga bisa melebihi pertumbuhan normal sehingga kanker payudara tetap bisa terjadi.

Selain pertumbuhan hormon yang berlebih, hasil penelitian juga menemukan bahwa masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan pria terjangkit kanker payudara. Seperti, faktor genetik, radiasi, sindrom klinefelter (pembesaran payudara yang tidak normal) dan juga gynecomastia yang merupakan sebuah gumpalan pada payudara pria yang disebabkan pertumbuhan jaringan tisu yang tidak terkontrol.

Menurut salah seorang profesor dari salah satu universitas terkenal di Amerika, menyebut jika kanker payudara pada pria juga memiliki gejala yang cukup sama seperti wanita. Benjolan di sekitar payudara, gangguan pada fungsi tubuh, puting payudara berdarah, kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan secara drastis serta perasaan lelah dan lemah berlebihan. Namun, para pria sepertinya masih bisa bernafas lega, karena dari hasil penelitian menyebut jika resiko kanker pada pria baru akan terjadi di usia senja sekitar 60 tahun ke atas.

LEAVE A REPLY