cara mengobati panu

Panu? Jangan sampai Anda mengalaminya. Penyakit yang satu ini memang sangat menggalaukan karena dapat membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena adanya infeksi jamur pada kulit, itulah mengapa panu juga sering disebut jamuran.

Panu ini timbul karena kurang bersihnya kulit Anda, misalnya jarang mandi atau produksi keringat yang berlebihan, sehingga hal itu menyebabkan timbulnya jamur pada bagian kulit tertentu dan akan mengakibatkan rasa gatal jika badan berkeringat. Penyakit panu ini termasuk penyakit yang tidak kenal kompromi, bisa muncul di bagian mana saja pada tubuh, tapi kebanyakan panu timbul di daerah punggung.

Panu ini merupakan suatu hal yang paling menakutkan bagi siapa saja. tubuh yang atletis akan terlupakan begitu saja jika dihinggapi panu. Panu dapat menular, cara penularannya bisa diakibatkan karena tertular dari penderita panu lainnya. Selain itu, media penularan lainnya adalah handuk, handuk sering digunakan ‘bersama’ oleh beberapa orang karena dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Namun berganti handuk sama halnya seperti berganti kuman dan bakteri, tidak berbeda jauh dengan manggunakan sikat gigi ‘bersama’.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya di kulit Anda:
– Mandilah minimal 2 kali dalam sehari. Ketika mandi, jangan hanya menghabiskan waktu 2 menit, hanya menggosok tubuh seadanya, dan setelah itu selesai. Bersihkanlah tubuh Anda dengan baik dan benar, jika perlu gunakan sabun anti bakteri untuk membuat kulit Anda tetap bersih.

– Jangan berbagi handuk. Jika Anda terbiasa menggunakan handuk ‘bersama’ dengan orang lain, hentikan hal itu sekarang juga. Anda tentu tidak ingin bertukar bakteri dengan orang lain, terutama pada orang yang menderita panu.

– Gunakan handuk yang kering. Setelah mandi, jemurlah handuk yang Anda gunakan, jangan biarkan handuk dalam keadaan basah. Pakaian atau handuk yang lembab dapat menimbulkan panu pada tubuh Anda.

– Ganti handuk Anda sesering mungkin. Jangan menggunakan handuk yang sama selama berbulan-bulan. Gantilah handuk Anda satu atau dua kali dalam seminggu.

– Gantung pakaian Anda di tempat yang kering. Pakaian yang telah Anda cuci, simpanlah di tempat yang kering. Namun jangan terlalu lama, karena dapat menyebabkan timbulnya jamur.

Cara pengobatan:

Jika Anda sudah terkena panu, cobalah beberapa pengobatan tradisional ini:

Lengkuas

Parut lengkuas, kemudian campurkan dengan garam yang agak kasar. Setelah lengkuas dan garam tercampur, gosokkanlah pada bagian tubuh yang terkena panu.

Kunyit

Sama seperti lengkuas, parutlah kunyit dan campurkan dengan garam. Kemudian gosokkan pada kulit yang ada panunya.

Daun pare

Ambillah pucuk daun pare kemudian campurkan dengan kapur sirih, setelah itu haluskan. Setelah benar-benar halus, oleskanlah pada kulit Anda yang terkena panu.

Kulit pohon pinang

Carilah bagian kulit pohon pinang yang masih hijau lalu serut dengan menggunakan pisau. Gosokkanlah hasil serutan tersebut pada tubuh Anda.

Selamat mencoba. Jangan biarkan panu merenggut kepercayaan diri Anda.

LEAVE A REPLY