Home » Kesehatan » Psikologi » Tips Menumbuhkan Sifat Optimis Untuk Menghindari Depresi

Tips Menumbuhkan Sifat Optimis Untuk Menghindari Depresi


optimisFrustrasi banyak dirasakan orang karena adanya tekanan hidup yang dialami. Orang yang memiliki beban pekerjaan yang berat akan merasakan stres pekerjaan. Masalah lain seperti kehilangan orang yang disayangi akibat bencana juga dapat mendatangkan depresi dan frustrasi. Rasa frustrasi tersebut memungkinkan siapa saja akan memandang hidup dengan pesimis, tidak bersemangat dan pasrah akan kehidupannya. Namun, walau Anda memiliki banyak tekanan hidup, sebaiknya tetaplah berpikir optimis, karena berpikir optimis memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Cobalah untuk memiliki harapan yang baik dalam segala hal, jangan mudah putus asa dan menyerah begitu saja. settinglah cara berpikir Anda menjadi lebih menyenangkan. Ketika mengalami kegagalan atau kehilangan dalam hidup tentunya akan membuat Anda menjadi pesimis, tapi cobalah untuk memandang kegagalan itu menjadi batu loncatan untuk menuju kesuksesan.

Sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, para ilmuwan telah melakukan penelitian dan membuat kesimpulan akan manfaat sikap optimisme bagi kesehatan seseorang. Dan hasil riset tersebut menunjukkan bahwa orang yang selalu bersikap optimis ternyata memiliki tubuh yang lebih sehat dan umur yang lebih panjang dibanding orang yang berpikir pesimis akan hidup. Orang yang bersikap optimis akan lebih mampu mengatasi stres dan kurangnya risiko terkena depresi.

Manfaat optimisme bagi kesehatan:
- memiliki umur yang lebih panjang
- kecil kemungkinan mengalami depresi
- tingkat stres akan lebih kecil.
- memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik
- mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Jika sedang mengalami masalah dan situasi yang berat, bukan berarti Anda tidak mampu berpikir positif atau menjadi seorang yang optimis. Cobalah untuk mengubah sikap pesimis itu menjadi lebih optimis. Tidak sulit untuk melakukannya, hanya saja butuh sedikit waktu. Berikut adalah beberapa tips mengubah cara berpikir Anda menjadi lebih optimis:

Segera Alihkan Pikiran Anda
Ketika Anda merasa tidak akan sukses melakukan sesuatu atau merasa sedang menghadapi hari yang buruk, segeralah singkirkan pikiran-pikiran itu. Berfokuslah pada hal positif dan alihkan pikiran-pikiran negatif.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Berolahraga tiga kali sehari secara rutin dapat mengurangi depresi dan mampu mengubah suasana hati Anda menjadi lebih bahagia. Selain itu Anda juga harus menjada pola makan Anda, karena pola makan dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh Anda.

Nikmati Hidup

Nikmatilah hidup yang Anda punya, termasuk dalam hal pekerjaan. Cobalah untuk mencintai pekerjaan Anda, carilah aspek-aspek yang bisa menyenangkan Anda.

Bergaul Dengan Orang Optimis

Carilah teman yang selalu berpikir positif, karena mereka akan selalu mendukung Anda dan memberi saran-saran yang baik ketika Anda sedang menghadapi masalah.

Pupuk Rasa Humor Dalam Diri Anda

Tersenyum dan tertawalah saat sedang menghadapi masa yang sulit. Carilah sesuatu yang bisa menghibur dan membuat Anda tertawa. Dengan memiliki rasa humor yang baik, maka pikiran, emosi dan perilaku Anda juga akan menjadi lebih positif.

Sikap optimis merupakan salah satu kunci sukses untuk meredakan stres. Optimisme akan membuat Anda menghadapi kegagalan dengan cara yang positif. Karena kegagalan adalah cara Tuhan mengatakan pada Anda bahwa pilihan itu bukan yang terbaik bagi Anda.

Tentang Erwin Miradi

Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri. Untuk membaca profil selengkapnya, klik disini.

Berikan Komentar Anda: