tanda stres tersembunyi oleh Kesehatan SegiEmpatSelain tanda stres yang terlihat, ada juga tanda stres yang tersembunyi. Dengan segudang rutinitas dan juga pekerjaan yang seakan yang tidak ada habisnya adalah salah satu hal yang tidak disadari bisa membuat otak dan tubuh mengalami tekanan atau yang lebih dikenal dengan stres.

Jika masih dalam batas yang normal, sebenarnya stres bisa membuat seseorang menjadi lebih berkosentrasi dan peka terhadap masalah. Namun meskipun kedengarannya sepele, namun masalah stres tidak boleh dibiarkan. Hal ini karena stres juga bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan lain.  Bahkan jika stres terjadi terus menerus, maka hala tersebut bisa menyebabkan terjadi depresi atau bahkan gangguan jiwa.

Berikut ini adalah beberapa tanda tersembunyi dari stres :

  • Susah Konsentrasi dan Sering Melupakan Sesuatu

Saat Anda merasa bahwa Anda sulit untuk berkonsentrasi atau bahkan sering lupa akan sesuatu, maka bisa jadi Anda hal tersebut adalah tanda stres tersembunyi. Ketika Anda mengalami hal tersebut, segera luangkan waktu Anda selama 10 menit untuk menikmati teh hangat.

  • Tanda Stres adalah Mudah Marah dan Sensitif

Saat Anda stres, maka adrenalin dan hormon katekolamin Anda akan meningkat. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah. Dan jika seseorang mengalami peningkatan tekanan darah, maka dia akan mudah marah dan juga sensitif. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Jika Anda mengalami hal seperti ini, cobalah untuk mencari hal yang menyebabkan Anda merasa stres dan cobalah untuk mengatasinya. Namun jika ternyata hal tersebut masih terjadi, ada baiknya jika Anda mencari lingkungan yang lebih baik.

  • Sering Menguap

Jika Anda sedang tidak mengantuk namun sering menguap, sebaiknya Anda berhati-hati, karena bisa jadi hal tersebut adalah tanda stres. Saat Anda stres, pernapasan Anda akan menjadi pendek sehingga Anda harus lebih sering menguap agar mendapatkan cukup oksigen. Jika Anda sering mengalami hal seperti ini, sebaiknya Anda mengambil napas dalam lalu bersantai.

  • Mengalami Bau Badan

Hormon stres yang dikeluarkan oleh tubuh akan membuat Anda mengalami keringat berlebih, terutama di ketiak. Hal inilah yang akan menyebabkan ketiak mengeluarkan bau yang lebih tidak sedap dibandingkan bagian tubuh lainnya. Untuk mengatasi, Anda harus mandi secara teratur, gunakan deodoran dan mengatasi stres.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY