gangguan bipolar oleh Kesehatan SegiEmpatSuasana hati adalah salah satu masalah yang sering menjadi para sebagian orang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan aktifitas orang tersebut. Karena banyak orang yang tidak mau melakukan aktifitasnya saat suasana hatinya sedang buruk. Selain itu, masalah suasana hati juga sering terjadi pada seorang wanita yang akan mengalami menstruasi atau PMS.

Namun apa jadinya jika ternyata Anda mengalami perubahan suasana hati yang sangat ekstrim. Bisa saja suatu saat Anda merasa sangat bahagia. Namun kemudian di lain waktu, tiba-tiba saja Anda menjadi depresi. Dan hal ini terus terjadi secara berulang. Jika Anda sering mengalami hal ini, ada baiknya jika Anda memeriksakan diri, karena bisa saja Anda mengalami bipolar.

Bipolar sendiri adalah sebuah gangguan yang menyebabkan penderita mengalami perubahan suasana hati secara berulang dalam jangka waktu tertentu. Hal ini juga merupakan gangguan jiwa yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu dan biasanya ditandai dengan gejala depresi, manik, hipomanik serta campuran. Gangguan bipolar ini bisa terjadi selama seumur hidup dan bisa terjadi kapan saja.

Jika Anda mendapati gejala ini pada diri Anda sendiri, keluarga atau teman, ada baiknya jika Anda segera memeriksakannya ke tenaga medis :

  • Depresi

Penderita bipolar biasanya akan mengalami depresi, dimana orang tersebut akan kehilangan rasa senang atau minat terhadap seseorang. Seseorang yang depresi biasanya akan mengalami insomnia, merasa sedih dan murung sehingga tidak mau lagi bertemu dengan orang lain. Mereka juga akan merasa tidak berguna serta mengalami halusinasi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan mereka bunuh diri.

  • Manik

Penderita bipolar biasanya akan mengalami manis, dimana orang tersebut akan mengalami aktifitas yang berlebihan selam sepekan. Orang seperti ini tidak akan pernah merasa lelah ataupun ngantuk, mereka merasa bahwa segala sesuatunya sangat mudah untuk dilakukan. Mereka juga akan lebih boros dan mengalami perubahan suasana hati menjadi lebih cepat.

  • Hipomanik

Pada dasarnya, hipomanik mirip dengan manik, hanya saja mereka akan merasakan perasaan tersebut selama empat hari dan juga tidak mengalami perubahan suasana hati. Orang seperti ini biasanya lebih akan mengalami peningkatan rasa percaya diri, bisa melihat peluang serta ide kreatif. Sayangnya mereka juga tidak akan pernah merasa mengantuk.

  • Campuran

Seseorang yang memasuki kriteria ini adalah ketika mereka sudah merasa sangat depresi dan juga mengalami bagian manik. Orang seperti ini sudah harus dirawat di rumah sakit.

LEAVE A REPLY