penyakit jiwa Skizofrenia oleh Kesehatan SegiEmpatSeorang penderita penyakit jiwa skizofrenia biasanya akan memiliki halusinasi serta keyakinan bahwa halusinasi tersebut nyata. Hal ini membuat orang-orang di sekitar penderita gangguan jiwa ini percaya bahwa orang tersebut terkena kutukan, santet atau guna-guna. Hal ini kemudian membuat keluarga pasien membawanya ke paranormal untuk disembuhkan. Padahal sebenarnya penyakit ini bisa diobati dengan bantuan medis. Penderitas skizofrenai mengalami gangguan pada cara berpikirnya sehingga membuatnya mengalami halusinasi.

Penderita skizofrenia biasanya akan mengalami halusinasi diamana dia bisa melihat, mendengar, dan merasakah hal-hal yang tidak bisa dilihat, didengar dan dirasakan oleh orang-orang yang tidak mengalami penyakit tersebut. Orang-orang yang mengalami skizofrenia juga biasanya akan mengalami delusi, yaitu dia meyakini bahwa pikirannya adalah hal yang nyata. Hal itulah yang membuatnya seringkali terlihat seperti “orang gila”. Salah satu contoh penderita skizofrenia yang sering dilihat adalah orang-orang yang mengaku utusan Tuhan atau bahkan mengaku sebagai Tuhan.

Gejala dari penyakit ini sebenarnya sudah mulai timbul saat seseorang berada pada usia anak-anak dan remaja. Namun banyak orang yang tidak menyadarinya sehingga penyakit ini bisa berkembang hingga dewasa. Padahal jika dideteksi sejak dini dan segera dilakukan pengobatan, maka penderita penyakit inipun bisa hidup layaknya orang normal dan sehat.

Adapun gejala dari penyakit ini yang biasanya terjadi pada anak adalah jika anak yang semula ceria, pintar, cerdas dan berpresitasi di sekolah kemudian menjadi anak yang pemurung, tidak bisa berkonsentrasi, mulai menarik diri dari pergaulan serta mengalami penurun prestasi akademik.

Penanganan penyakit ini sering terlambat karena orang-orang belum paham tentang gejala dari penyakit ini. Banyak yang menyangka kalau penyakit ini adalah santet, guna-guna atau kutukan sehingga mereka berusaha untuk mengobati keluarganya pada paranormal. Padahal sebenarnya, penanganan yang terlambat justru akan membuat penyakit ini menjadi semakin parah..

Penyakit skizofrenia bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat-obat dan melakukan konseling atau psikoterapi. Obat-obatan yang dikonsumsi akan membantu untuk menurunkan gejala pada penyakit ini. Sedangkan konseling bertujuan untuk membantu pasien agar bisa lebih paham dan menerima penyakitnya sehingga dia bisa menjalaninya dengan normal. Obat-obatan tersebut akan dikonsumsi selama dua tahun agar gejala dari penyakit ini tidak muncul lagi dan pasien bisa hidup layaknya orang normal.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY