manfaat main game oleh Kesehatan SegiEmpatBanyak orang yang beranggapan bahwa bermain game hanya digunakan seseorang untuk mengisi waktu, menghilangkan kebosanan atau mungkin menghilangkan stres. Padahal ada banyak dampak positif yang bisa didapatkan oleh seseorang saat sedang bermain game dan hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Association, dikatakan bahwa, saat anak sedang bermain game, termasuk diantara permainan peperangan, maka kemampuan belajar, kemampuan sosial serta kesehatan anak tersebut akan mengalami peningkatan.

Meskipun demikian, manfaat bermain game masih menjadi perdebatan oleh para ahli psikologi. Karena ada beberapa kasus dimana seseorang yang bermain game menjadi kecanduan, ketagihan, depresi serta tindak kekerasan yang membahayakan dirinya sendiri ataupun orang lain, seperti pemukulan, penyiksaan, bahkan menghilangkan nyawa seseorang.

Isabela Granic, yang merupakan profesor dari Radboud University Nijmegen di Belanda, mengatakan bahwa “selama bertahun-tahun, peneliti selalu mengatakan bahwa bermain game dinilai negatif. Padahal, penting juga untuk mengetahui bahwa video game bisa membantu berkembangan anak, misalnya keseimbangan dan daya tangkap.”

Granic juga mengatakan bahwa saat seorang anak bermain game, maka kemampuan berpikir, mengingat, menerima informasi baru, kemampuan kognitif dan kemampuan navigasinya akan mengalami peningkatan. Dan hasil ini juga telah ditemukan pada penelitian sebelumnya.

Sebuah hasil penelitian lain juga menemukan bahwa tidak hanya bermain game puzzle yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif seorang anak. Ada beberapa jenis game lain yang juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif seorang anak, yaitu game yang bernuansa peperangan seperti misalnya Call of Duty atau Point Blank.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa saat seseorang bermain tembak-tembakan, pemainnya akan berpikir cara untuk membuat strategi serta objek ruang tiga dimensi.

Selain itu, game yang lebih sederhana, contohnya Angry Birds, ternyata juga baik bagi kesehatan mental. Saat seseorang bermain dengan karakter yang lucu, maka suasana hatinya akan meningkat ke arah yang lebih baik.

Granic kemudian menandaskan “jika hanya dengan bermain game bisa membuat orang bahagia, tampaknya manfaat game bisa dipertimbangkan untuk nilai emosional yang paling mendasar, yaitu bahagia.”

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY