penyebab rasa lapar oleh Kesehatan SegiEmpatYang namanya makhluk hidup pasti akan merasakan yang namanya lapar. Lapar adalah tanda kalau tubuh sedang membutuhkan tambahan energi yang akan diperoleh dari makanan. Tapi seringkali ketika seseorang yang sudah tidak bisa menahan lapar akan kehilangan akal sehatnya dalam memilih makanan sehingga dia akan memilih makanan yang tidak sehat.

Tapi ternyata selain karena sedang membutuhkan tambahan energi, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab. Hal itu akan membuat Anda serasa membutuhkan makanan padahal sebenarnya tidak.

Berikut ini adalah beberapa penyebab rasa lapar:

  • Karena Tubuh Membutuhkan Energi

Hal pertama yang bisa membuat Anda merasa lapar adalah karena tubuh sedang membutuhkan tambahan energi. Beberapa hal yang menjadi tanda kalau Anda memang sedang lapar adalah turunnya kadar gula dalam darah yang membuat tubuh menjadi gemetar. Selain itu, Anda akan merasa lemas dan sakit kepala. Tidak hanya itu, Anda akan mendengarkan suara dari dalam perut Anda yang menandakan kalau Anda memang sedang membutuhkan makanan.

Jika sudah begini, sebaiknya Anda segera makan. Karena jika Anda makan saat sudah benar-benar lapar, maka Anda akan menjadi kalap saat makan sehingga membuat Anda kekenyangan dan sulit bernapas. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi makanan sehat.

  • Lapar Saat Baru Saja Selesai Makan

Ada beberapa orang yang seringkali merasa lapar saat dia baru saja makan besar. Hal ni terjadi karena menu makanan Anda yang kurang sehat, mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Jika Anda menurutinya, maka berat badan Anda akan meningkat. Jadi akan lebih banyak jika Anda menyeimbangkan menu makanan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan sayur-sayuran agar Anda tidak merasa lapar setelah makan.

  • Lapar yang Sebenarnya Haus

Terkadang terjadinya dehidrasi di dalam tubuh juga akan membuat Anda merasa lapar. Daripada Anda makan makanan berat yang bisa membuat berat badan bertambah, sebaiknya terlebih dahulu Anda minum beberapa gelas air. Jika ternyata setelah itu Anda masih merasa lapar, berarti Anda memang lapar dan butuh asupan makanan.

LEAVE A REPLY