Home » Kesehatan » Pola Hidup Sehat » Kenapa Anak-Anak Tidak Sebaiknya Puasa Penuh?

Kenapa Anak-Anak Tidak Sebaiknya Puasa Penuh?


gambar piring dan sendok oleh kesehatan segiempatDalam hukum islam, wajib bagi mereka yang sudah dewasa untuk melaksanakan ibadah puasa yang penuh sejak imsak hingga berbuka. Sedangkan bagi mereka yang belum akil baligh atau belum mencapai usia 12 tahun belum diwajibkan untuk menunaikan puasa penuh, hanya disarankan untuk berpuasa setengah hari.

Perintah ini ternyata memang punya korelasi yang dengan kesehatan anak-anak pada umumnya. Ternyata anak di bawah usia 12 tahun memang tidak sebaiknya melakukan puasa penuh jika ditinjau dari segi kesehatan.

Ditinjau dari segi medis, anak-anak tidak sebaiknya melakukan puasa penuh karena segala asupan bagi mereka sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Alasan lain karena tubuh anak-anak belum mampu menyimpan tenaga dan energi seperti layaknya orang dewasa.

Pada dasarnya, glukosa atau kandungan gula di dalam darah adalah sumber energi yang digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Kadar gula ini diambil dari asupan makanan yang kita cerna sehari-hari yang kemudian disimpan dalam betuk cadangan energi. Ketika asupan gula dalam darah ini tidak mencukupi, maka cadangan energi yang disimpan dalam hati dan otot akan cepat habis.

Cadangan energi pada tubuh sebenarnya bisa digunakan selama 16 jam. Mesikupun demikian, jika seorang anak langsung melakukan puasa seharian penuh maka kemungkinan besar terjadi syok pada tubuh anak tersebut. Saat asupan makanan berkurang ketika melaksanakan puasa, tubuh akan segera mencari pengganti sumber energi yang diambil dari lemak. saat ini terjadi, tubuh akan mulai merasa loyo dan lemas.

Ini alasan kenapa anak berusia dibawah 12 tahun tidak sebaiknya melakukan puasa penuh. Sangat disarankan untuk membiasakan tubuh mereka dengan puasa setengah hari terlebih dahulu, lalu diberikan asupan gula yang banyak saat berbuka untuk mengganti kekurangan energi saat melakukan ibadah puasa.

Tentang S. Gelmani Rabiah

Seorang wanita yang senang membaca, traveling dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menunggu untuk dipecahkan. Suka main game dan segala sesuatu yang baru. Meskipun terlihat cuek tapi sebenarnya penyayang. Anda dapat membaca profil selengkapnya disini

Berikan Komentar Anda: