buah dan sayuran paling bermanfaat oleh segiempatKebanyakan orang, terutama pria, tidak suka buah dan sayuran. Menurut saya pribadi, sayur dan buah itu rasanya hampir seperti plastik sintetis basah yang bisa dikunyah dengan rasa sedikit manis. Terlepas dari rasanya yang tidak menggairahkan, tidak ada yang bisa memungkiri manfaat sayuran dan buah-buahan bagi kesehatan tubuh kita. Pada artikel lain tentang cara menurunkan berat badan saya sebutkan dalam salah satu poinnya bahwa mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran juga adalah metode yang baik digunakan dalam program diet.

Untuk itu, berikut ini saya berikan 14 buah dan sayuran yang paling bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan manusia.

1. Manfaat Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling bagus untuk pencernaan dan mengembalikan kestabilan peredaran darah Anda. Rasanya juga tidak begitu buruk, sehingga menjadi salah satu jus buah yang paling banyak penggemarnya walaupun bagi beberapa orang terlihat seperti jus ingus. Disamping penampilannya yang menggelikan, sebenarnya alpukat ini adalah salah satu buah yang paling banyak mengandung vitamin. Jika diuraikan secara lengkap, alpukat terdiri dari 20% lemak organik dan 75% air yang mana 10% di dalamnya mengandung banyak mineral-mineral. Belum lagi jika bicara soal vitamin yang terkandung, aplukat ini hampir terdiri dari vitamin selenglap alphabet. Satu buah alpukat mengandung vitamin A, B, B2, B3 dan juga vitamin C.

Karena rasanya yang manis, alpukat sangat disarankan sebagai buah-buahan pertama yang diberikan untuk anak-anak yang susah makan buah dan sayuran untuk menghindarkan anak-anak dari trauma buah akibat rasa kecut dari buah-buahan tertentu.

Dalam penyajiannya alpukat adalah jenis buah yang dapat dikonsumsi terpisah tanpa campuran apa-apa. Tapi manfaat dari alpukat bisa Anda maksimalkan dengan mencampurnya dengan sayur-sayuran salad. Tapi alpukat bukan jenis buah yang bisa Anda konsumsi dengan jumlah yang banyak per hari. Untuk kadar dan ukuran yang sehat, sebaiknya buah alpukat tidak Anda konsumsi lebih dari satu buah setiap harinya. Alpukat adalah buah yang baik dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki masalah kolesterol.

2. Manfaat Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling baik untuk sistem pencernaan Anda, dan itulah kenapa brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling direkomendasikan untuk mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badannya. Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa Anda makan mentah (tentunya setelah dicuci bersih) dan bisa disandingkan dengan makanan lain sebagai sayur lalapan.

Walaupun lebih sering disajikan dalam potongan-potongan kecil, brokoli adalah sayuran yang sangat kaya kandungan sehat untuk tubuh manusia. Brokoli mengandung fosfor, belerang dan potasium. Sayuran ini memiliki 89% kandungan air di dalamnya serta mengandung lemak dan karbohidrat yang sangat rendah. Dalam sayuran kribo ini juga terdapat vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Brokoli kaya potasium, fosfor, dan belerang. Komposisinya terdiri atas 90% air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Brokoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan. Sayuran ini enak dimakan mentah, baik dalam bentuk salad maupun lalap.

3. Manfaat Apel

Bagi kebanyakan orang yang tidak suka makan buah, apel adalah salah satu buah yang paling masuk akal dibandingkan yang lainnya. Mereka yang tidak suka namun terpaksa membiasakan diri mengkonsumsi buah demi kesehatan biasanya memfavoritkan apel sebagai pilihan menu buahnya. Ini tidak salah, karena apel adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan yang sehat bagi tubuh Anda, disamping rasanya yang ‘bisa ditoleransi’.

Dalam setiap buah apel terdapat zat besi dan magnesium. Selain itu juga ada potasium yang bisa menjaga kesehatan pencernaan Anda, serta kandungan-kandungan lain yang juga dibutuhkan seperti kalium, klor, sodium dan belerang. Bicara soal vitamin yang terkandung, sebuah apel dapat memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G.

Apel memiliki manfaat yang lebih besar bagi tubuh lebih dari yang disadari kebanyakan orang. Apel adalah buah yang baik untuk pencernaan sehingga disebut sebagai ‘buah pembersih tubuh’. Kandungannya bekerja aktif untuk melancarkan pencernaan Anda, dan juga bekerja untuk membantu penyembuhan pada peradangan yang terjadi pada tubuh. Apel adalah buah yang dapat Anda makan setiap hari dengan jumlah maksimal 3-4 buah setiap harinya. Manfaat dari apel bisa Anda dapatkan dengan maksimal jika Anda membiasakan diri untuk mengkonsumsi apel secara rutin paling tidak 1 buah setiap harinya.

4. Manfaat Sayur Kol

Kol juga adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Pada sayur kol terdapat kalsium, zat besi dan klor. Bicara soal vitamin, sayuran kol bisa memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin G dan vitamin U. Sebuah penelitian di Standford University menemukan bahwa sayur kol dapat membantu penyembuhan borok yang terjadi pada bagian perut. Kandungan yang terdapat dalam kol dapat bermanfaat bagi penderita borok, terutama vitamin U. Vitamin U yang terdapat dalam sayur kol ini hanya bisa Anda dapatkan dengan cara meminum sari dari sayuran tersebut.

Sayur kol bisa dimakan terpisah dari makanan lain, walaupun ini tidak lazim disajikan. Sayur kol baik dicampurkan ke dalam sup, atau menjadi tambahan pada sayur-sayuran lalapan. Tapi harap berhati-hati, karena kombinasi antara sayur kol dan garam dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda.

Di dalam kol terdapat klor, kalsium, dan zat besi. Kol juga kaya vitamin A, B, C, G, dan U. Dr. Chaney dari fakultas Kedokteran Universitas Standford menyatakan bahwa vitamin U yang ada di dalam kol dapat menyembuhkan borok perut. Vitamin ini dapat diperoleh dengan meminum sari kol. Namun, jika kol dicampur dengan garam akan mengganggu pencernaan.

5. Manfaat Mentimun

Mentimun bukanlah sejenis sayuran yang jarang Anda temukan dalam santapan-santapan khas Indonesia. Berbagai jenis makanan goreng dan bakar Indonesia biasanya dilengkapi dengan lalapan yang juga mengikutkan beberapa iris mentimun di dalamnya. Tapi banyak juga yang menganggap enteng manfaat dari mentimun ini, dan banyak juga yang memang tidak suka rasanya. Saya pribadi sebenarnya juga merasa risih makan mentimun, apalagi karena biji mentimun saat dikeluarkan masih dengan bentuk yang persis sama ketika dimakan. Dan ini aneh…

Mentimun adalah sayur yang kaya akan gizi. Adapun vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kandungan lain yang ada pada mentimun antara lain zat besi, silikon, klor, potasium dan magnesium.

Mentimun juga adalah sayuran yang kaya akan manfaat. Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang dapat membantu penyembuhan para penderita reumatik. Selain itu, mentimun juga dapat melancarkan pembuangan urine. Konon, mentimun juga adalah sayur yang dapat menebalkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ini mungkin karena mentimun banyak mengandung belerang dan silikon, yang dengan bantuan beberapa buah lain bisa saja jadi faktor yang mendukung pertumbuhan rambut. Teori ini belum pernah betul-betul dipastikan. Tapi saya punya 3 orang sahabat yang berambut dan berbulu lebat, yang kebetulan sekali memang suka makan mentimun. Pertumbuhan rambut dan bulu itu mungkin adalah pengaruh mentimun atau mungkin karena ketiganya keturunan India…

6. Manfaat Lemon

Lemon adalah buah yang kaya dengan vitamin C. Saat terserang flu, buah lemon adalah pilihan yang baik untuk kembali meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit (tapi ini belum terbukti dengan flu burung ataupun flu babi). Tapi memang benar, lemon adalah buah yang baik untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang menderita penyakit karena jatuhnya daya tahan tubuh. Ini mungkin salah satu alasan kenapa lemon adalah buah yang paling banyak dibawa orang-orang saat mengunjungi pasien di rumah sakit. Selain karena memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lemon juga adalah buah yang paling banyak dijual.

7. Manfaat Bawang Merah, Bawang Putih dan Bawang Bombay

Saya sebenarnya ragu apakah bawang merah, bawang putih dan bawang bombay termasuk sayuran atau buah. Tapi karena ketiganya sudah jelas tidak termasuk daging-dagingan, ya anggap saja mereka terklasifikasi ke dalam sayuran atau buah-buahan. Lagipula, saya disini tidak untuk berdebat soal klasifikasi bawang-bawangan, tapi untuk menulis manfaatnya saja…

Dari ketiga jenis bawang ini, dua diantaranya memiliki manfaat yang sama. Bawang bombay dan bawang merah memiliki manfaat untuk melancarkan dan memaksimalkan sistem pencernaan Anda. Di dalam kedua jenis bawang ini juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G. Selain itu, buah/sayur (yang mana saja boleh!) yang lebih sering dijadikan sebagai penyedap makanan ini banyak juga mengandung zat-zat lain di dalamnya yang bisa berguna untuk tubuh. Zat-zat tersebut antara lain adalah iodin, magnesium, zat besi, fosfot, potasium, kalsium dan belerang. Ini luar biasa mengingat ukuran dari kedua jenis bawang ini juga relatif kecil dibandingkan sayur/buah yang lain.

Sedangkan bawang putih memilik manfaat yang sedikit banyaknya memang berbeda dari bawang merah dan bawang bombay. Anda pasti pernah mendengar bahwa terlalu banyak makan bawang putih dapat mendatangkan bau badan? Banyak orang yang menganggap ini hanya mitos belaka, tapi sebenarnya bisa saja bawang putih membuat Anda mengeluarkan bau tak sedap. Ini mungkin saja terjadi karena bawang putih memiliki kandungan eter yang sangat kuat hingga dapat meluluhkan penumpukan lemak dalam tubuh dan juga menghancurkan racun-racun serta kemudian membuangnya melalui pori-pori kulit Anda. Ya, ke pori-pori kulit Anda.

Bawang putih juga memiliki manfaat-manfaat lebih yang tidak banyak diketahui orang. Misalnya, salah satu manfaat dari bawang putih adalah sebagai obat bagi mereka yang mengidap disentri. Sari bawang putih juga sangat disarankan untuk diminum oleh mereka yang mengidap darah tinggi. Belum lagi manfaat bawang putih bagi sistem pencernaan Anda. Bawan putih ini punya peran yang besar dalam persoalan membunuh kuman-kuman dan parasit-parasit yang berkubang di dalam usus Anda. Melihat ukurannya yang kecil, Anda pasti tidak mengira bawang putih akan punya manfaat yang sangat besar kan? Saya juga tidak sebelum menulis ini…

8. Manfaat Bayam

Saya rasa manfaat bayam bagi kita sudah bukan lagi sebuah rahasia. Sayur bayam dapat memberikan kekuatan yang tidak terkira kepada manusia. Saat dikonsumsi, bayam dapat memberikan kekuatan ekstra dan mengalirkan kekuatan tersebut ke seluruh bagian tubuh, terutama tangan dan kaki. Tapi manfaat dari bayam ini tidak bisa didapatkan dari semua jenis bayam. Bayam yang memberikan kekuatan ini hanya ada pada bayam instan yang diproduksi dalam kemasan kaleng, dan produksinya dikhususkan untuk para pelaut. Tentu saja fakta ini hanya dapat kita temukan dalam serial kartun Popeye the Sailor Man.

Sebenarnya tidak perlu dibahas khusus dalam satu paragraf, tapi saya orang yang terlalu sarkastik dimana kalimat “Manfaat bayam di serial Popeye the Sailor Man itu omong kosong” tidak akan cukup menggambarkan kekesalan saya. Wajarlah saya kesal. Saya satu dari sedikit anak Indonesia yang menghabiskan masa kecil makan bayam untuk bisa mendapatkan kekuatan Popeye. Sungguh sebuah serial yang tidak mendidik…

Maaf kalau sempat ngalur-ngidul. Bicara soal manfaat bayam yang sebenarnya, bayam adalah sayuran yang punya pengaruh besar dalam penyembuhan sembelit. Dengan mengkonsumsi bayam 1 liter saja, satu atau dua hari sembelit Anda akan mereda. Di dalam syauran bayam terkandung sodium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang dan zodium. Bayam juga adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin G. Selain itu, bayam juga sangat berguna bagi Anda yang sangat benci dengan sariawan, karena bayam dapat mencegah berbagai penyakit gigi dan gusi.

9. Manfaat Pepaya

Pepaya dulunya adalaha salah satu buah yang mudah didapatkan. Tapi saat ini, terutama di kota-kota besar, buah pepaya tidak lagi didapatkan semudah satu dekade yang lalu. Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk kulit dan pencernaan, dibarengi dengan rasanya yang manis membuatnya juga menjadi salah satu buah favorit untuk kaum hawa. Tidak salah memang, karena pepaya sangat banyak mengandung vitamin-vitamin dan kandungan lain yang berguna untuk mencerahkan kulit.

Salah satu kelebihan buah pepaya adalah rasanya disukai oleh anak-anak. Jadi bila Anda telah berkeluarga dan Anda memiliki anak yang susah makan maka Anda bisa memberikan alternatif pepaya sebagai asupannya. Pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh anak, walaupun tetap disarankan untuk menyelingi asupannya dengan makanan pokok segera setelahnya.

Selain itu, pepaya yang masih hijau juga memiliki kandungan yang dapat membantu penyembuhan borok pada perut dalam waktu yang tidak lama. Pepaya besar juga manfaatnya bagi pencernaan, terutama pepaya yang masih hijau, karena mengandung zat yang disebut dengan papain. Jika Anda masih dapat menemukan buah pepaya dengan mudah, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi pepaya setiap hari walau dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain memberikan Anda manfaat makanan berserat yang dibutuhkan tubuh dalam proses menurunkan berat badan, buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kadar kekentalan dalam darah.

10. Manfaat Tomat

Ini juga adalah salah buah favorit wanita, terutama jika disajikan dalam bentuk jus. Tapi menurut survey kecil-kecilan yang saya lakukan, 10 dari 10 pria menganggap bahwa jus tomat adalah jus dengan tampilan dan rasa yang paling ‘menakutkan’. Ini tentu saja jika kita hanya bicara soal selera. Tapi buah tomat sebenarnya punya banyak kandungan yang dapat memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga banyak disarankan untuk dikonsumsi mereka yang sedang dalam program diet.

Bicara soal kandungan, buah tomat kaya akan kandungan yang dibutuhkan tubuh antara lain zat besi, klor, kalsium, iodine, fosfor, asam amino, belerang dan sodium. Para orangtua sangat disarankan untuk membiasakan putra putrinya mengkonsumsi tomat karena banyak mengandung gizi yang mereka butuhkan untuk masa pertumbuhan dan juga untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Buah tomat mengandung vitamin yang antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin G.

Tomat bisa dijadikan pelengkap makanan seperti untuk sayur lalapan, tapi juga bisa dimakan secara terpisah. Tomat sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tidak diolah/dimasak terlebih dulu. Beberapa ahli menuturkan bahwa tomat yang dikonsumsi dalam keadaan sudah dimasak bisa menyebabkan pengerasan yang kemudian menimbulkan gangguan pada ginjal dan kandung kemih, apalagi bila juga disajikan dengan campuran gula. Cara mengolah dan menghidangkan tomat sebaiknya Anda perhatikan dengan seksama agar manfaat tomat bisa Anda maksimalkan tanpa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

11. Manfaat Nanas

Seperti halnya buah-buah yang lain, nanas juga mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat baik bagi tubuh. Tapi konon katanya, mengkonsumsi nanas muda terlalu banyak bisa berakibat fatal bagi janin yang masih berusia 3 bulan ke bawah. Nanas muda kemudian banyak digunakan calon-calon orangtua yang tidak bertanggung jawab sebagai resep menggugurkan kandungan. Kepastian tentang manfaat yang satu ini belum saya pastikan kebenarannya. Untuk saat ini, mari kita berfokus pada manfaat baik buah nanas saja.

Nanas juga adalah buah yang kaya akan kandungan yang pada kadar seimbang dapat menyehatkan tubuh. Adapun kandungan nanas antara lain potasium, sodium, mangnesium, kalsium, iodin, zat besi, klor, fosfor, dan belerang. Nanas memang adalah salah satu buah yang banyak mengadung mineral. Vitamin yang terdapat di dalam nanas hampir sama dengan vitamin yang terdapat di dalam tomat, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin G. Pada dasarnya, manfaat nanas tidak begitu jauh berbeda dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah tomat, yaitu melancarkan pencernaan dan mencerahkan kulit. Tapi di dalam buah nanas tedapat zat enzim yang disebut ragi bromelani yang dapat berguna untuk tubuh Anda sebagai anti peradangan. Tapi manfaat yang satu ini bisa Anda dapatkan dari buah nanas jika dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dulu.

12. Manfaat Semangka

Semangka adalah salah satu buah favorit yang tepat dikonsumsi pada musim panas/kemarau. Semangka tentu juga adalah buah yang tepat dibawa saat sedang berwisata ke pantai. Ini karena 95% dari buah semangka adalah air, yang tentunya sangat berguna untuk mengatasi dehidrasi. Semangka adalah salah satu jenis buah yang dapat diterima semua usia dan semua jenis kelamin, tentu saja dengan perbandingan tomat di atas tadi bleh…

Selain itu, semangka juga baik untuk pencernaan karena juga adalah salah satu buah yang paling mudah dicerna, terutama saat dikonsumsi tidak dengan bahan makanan yang lain. Bagian semangka yang bermanfaat bagi tubuh Anda tidak hanya daging buahnya, bahkan kulit bagian dalamnya pun punya manfaat untuk tubuh karena kaya akan kandungan mineral. Kulit bagian dalam semangka mengandung enzim dan klorofil, dan itulah kenapa kulit bagian dalam buah semangka sebaiknya juga diikutkan saat mengolah sari buah semangka dalam bentuk jus.

Pada daging buah semangka sendiri juga banyak terdapat kandungan mineral-mineral lain yang tidak kalah penting manfaatnya untuk tubuh. Kandungan mineral tersebut antara lain fosfor, magnesium dan potasium. Seperti halnya buah-buahan yang lain, semangka juga kaya akan vitamin sehingga baik untuk dikonsumsi oleh segala usia. Vitamin-vitamin yang terdapat di dalam buah semangaka antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin B2, dan vitamin C. Kekuatan manfaat semangka ini sebenarnya terletak pada kemampuannya untuk memaksimalkan kinerja pencernaan, itulah kenapa buah semangka baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam agenda menurunkan berat badan. Bahkan kulit bagian dalam buah semangka pun dapat bermanfaat untuk membersihkan ginjal.

13. Manfaat Kacang Kedelai

Kacang kedelai sebenarnya adalah salah satu bahan makanan yang menjadi penyuplai protein tertinggi untuk Anda. Jika dibandingkan dengan kadar protein pada daging sapi yang mencapai 18%, kacang kedelai memberikan Anda protein dengan kadar 34%. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh untuk kemudian dijadikan energi dalam beraktifitas. Kacang kedelai juga mengandung lemak dan air yang tentu saja juga dibutuhkan oleh tubuh Anda, namun dengan kadar yang rendah.

Kacang kedelai tidak hanya memberikan Anda protein, tapi juga memberikan Anda gizi yang baik karena mengandung banyak vitamin di dalamnya. Adapun kandungan vitamin di dalam kacang kedelai antara lain adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin F.

Vitamin F ini sendiri punya manfaat yang besar terutama untuk sistem metabolisme di dalam tubuh. Vitamin F juga membantu proses distribusi oksigen yang dihantarkan oleh darah ke setiap organ-organ vital, ke setiap jaringan dan setiap sel dalam tubuh Anda. Kacang kedelai juga banyak manfaatnya untuk kulit, memaksimalkan fungsi pembekuan darah dalam tubuh, serta mendukung fungsi dan kinerja lubrikasi pada semua sel di tubuh Anda. Dan kabar baiknya, negara kita sangat kaya akan kacang kedelai yang mempunyai manfaat besar bagi tubuh ini sehingga sampai kapanpun rasanya kita tidak perlu menjajah negara lain demi mendapatkan kacang kedelai.

Jika banyak yang bilang bahwa tahu dan tempe baik untuk kesehatan Anda, itu memang benar. Tapi jika diuraikan, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kacang kedelai itu empat kali lebih besar daripada manfaat tahu, serta dua kali lebih besar daripada manfaat tempe. Selain manfaat-manfaat yang sudah saya sebutkan di atas, kacang kedelai juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung, membantu Anda terhindar dari penyakit darah tinggi, dan juga berperan penting dalam pencegahan pengerasan pembuluh darah. Dengan protein dan gizi seperti ini, kacang kedelai tentu baik sekali Anda konsumsi dalam program diet Anda.

14. Manfaat Wortel

Kita sering sekali mendengar bahwa wortel adalah makanan yang baik untuk mata. Saya bahkan sering sekali dicekoki wortel sewaktu kecil yang katanya biar saya tidak perlu terlalu cepat pakai kacamata saat besar nanti. Entah karena efek wortel atau karena memang malas baca, bergelut dengan layar monitor 14 jam sehari sejak 2006 hingga saat ini saya masih tidak memerlukan kacamata, dan bahkan tidak merasa punya masalah penglihatan sama sekali. Well, terlepas dari itu semua, wortel memang adalah bahan makanan yang kayak akan vitamin dan baik untuk dikonsumsi segala usia.

Bicara soal vitamin, wortel didominasi oleh vitamin A. Tapi itu tidak berarti bahwa wortel hanya dapat menyuplai Anda dengan vitamin A saja. Selain itu, vitamin-vitamin lain yang terkandung dalam wortel antara lain adalah vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin G dan vitamin K. Selain itu, wortel juga banyak sekali mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, Sebut saja klor, belerang dan fosfor. Tidak hanya itu, wortel adalah salah satu penyuplai kalsium terbesar dari dunia tumbuh-tumbuhan. Setengah liter sari wortel sehari sangat disarankan untuk diberikan kepada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena kalsium natural yang diberikan dalam setengah liter sari wortel masih jauh lebih besar daripada kadar kalsium pada tablet-tablet suplemen kalsium untuk anak.

Wortel memang juga berkhasiat untuk mencegah Anda dari infeksi mata. Tapi manfaat wortel tidak hanya sampai disitu. Wortel juga besar pengaruhnya dalam penyembuhan borok, mencegah Anda terkena infeksi, dan berperan penting dalam melancarkan adrenalin. Manfaat sari wortel yang dapat Anda rasakan adalah memberikan kesegaran pada tubuh Anda saat akan memulai aktivitas.

Tidak semua orang suka mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayangnya, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan juga adalah kewajiban bagi mereka yang ingin memulai pola hidup sehat untuk menurunkan berat badannya. Di atas sudah saya rincikan manfaat-manfaat dari buah-buah yang paling mudah Anda dapatkan sehari-hari. Dengan harapan, Anda tidak perlu mencekoki diri Anda dengan buah yang sama yang tidak juga Anda sukai setiap hari hanya demi program diet Anda. Menu buah-buahan dan sayuran Anda dapat diganti-ganti agar tidak bosan, juga agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari masing-masing sayuran dan buah-buahan tersebut. Kita kembali lagi ke pembahasan selanjutnya tentang menguruskan badan.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY