manfaat makanan berserat oleh segiempatKebanyakan kita sudah kenyang dengan saran-saran kesehatan soal makanan berserat. Katanya makanan berserat memiliki manfaat besar untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dengan kadar yang sesuai setiap harinya. Makanan yang berserat juga digadang-gadang dapat membantu Anda dalam menguruskan badan. Tapi sebenarnya, apa saja manfaat dari makanan berserat? Mengetahui kegunaan dari makanan berserat penting untuk memotivasi Anda guna memperhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini segala manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makanan berserat.

1. Menghindarkan Anda dari Sembelit

Anda semua mungkin sudah pernah mengalami sembelit ketika masih anak-anak, dimana anak-anak kebanyakan tidak suka mengkonsumsi makanan berserat karena memang tidak begitu mempunyai rasa seperti kebanyakan makanan lain yang anak-anak suka. Sembelit adalah sebuah kondisi ketika Anda kesulitan saat buang air besar, atau kesulitan untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh Anda. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya Anda mengkonsumsi makanan berserat. Sembelit memang bukan kondisi yang serta-merta dapat menghilangkan nyawa, namun sembelit adalah salah satu kondisi paling tidak nyaman dapat pada akhirnya dapat mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Pada tingkatan yang berbahaya, sembelit akan membawa kondisi-kondisi tidak nyaman lainnya seperti susah makan, sakit kepala, susah tidur atau insomnia, alergi, pegal pada bahu, dan masih banyak lagi.

Lalu apa sebenarnya yang membuat makanan berserat dapat menghindarkan Anda dari sembelit? Makanan yang mengandung serat memiliki kemampuan untuk menyerap air yang berlebih. Ketika serat diproses melewati saluran pencernaan, dengan kemampuannya menyerap air tersebut ia membuat ukuran feses (kotoran) semakin besar dan melunak. Dengan ini kotoran tersebut akan semakin mudah untuk dikeluarkan. Bantuan serat ini sangat Anda butuhkan untuk memudahkan Anda mengeluarkan kotoran. Kotoran atau feses yang terlalu sulit dikeluarkan dapat menyebabkan luka pada bagian anus yang tentu saja akan semakin membuat Anda tidak nyaman.

Pentingnya serat bagi tubuh Anda ini juga secara tidak langsung tentunya berpengaruh baik pada program diet Anda. Karena dengan bantuan serat, kotoran tidak akan menumpuk dan pencernaan Anda akan semakin lancar. Tapi di sisi lain, asupan serat yang sudah sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh Anda juga harus diimbangi dengan konsumsi air yang cukup pula. Karena serat di dalam tubuh tanpa air juga akan bisa menyebabkan gangguan pada usus besar yang pada akhirnya juga menghambat kinerja pencernaan Anda.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang juga menjadi penyebab kematian terbanyak di seluruh belahan dunia. 95% kasus kolesterol dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan pola olahraga yang tidak teratur. Terutama di zaman modern sekarang ini, masyarakat kota terutama sudah tidak lagi banyak bergerak karena kebanyakan pekerjaan kantor dilakukan di depan komputer. Begitu pula dengan macam-macam bentuk hiburan saat ini yang kebanyakan bisa dinikmati hanya dengan duduk saja (seperti menonton film, bermain game, dll).

Belum lagi dengan gaya hidup saat ini dimana olahraga hanya dilakukan diwaktu senggang, itupun karena hobi saja. Masyarakat Indonesia dulu tidak punya banyak pilihan kecuali untuk berolahraga karena untuk berangkat ke sekolah saja harus naik sepeda. Sementara gaya hidup masyarakat kita hari ini kemana-mana sudah termanjakan dengan kendaraan bermotor, baik itu roda dua ataupun roda empat, milik pribadi ataupun fasilitas umum. Kolesterol adalah salah satu penyakit yang paling gampang menghinggapi generasi kita saat ini karena pola hidup, dan jika Anda berencana untuk hidup lebih lama, berusalah untuk menghindarkan diri Anda dari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terkena kolesterol.

Makanan berserat memiliki kemampuan untuk mengikat kadar kolesterol hingga dapat menekan peningkakatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jika salah satu agenda program diet Anda adalah mengkonsumsi makanan berserat secara teratur disertai dengan pola olahraga yang rutin dan terukur, Anda tidak hanya akan menurunkan berat badan Anda dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi juga sehat dan terhindar dari penyakit kolesterol.

3. Menghindarkan Anda dari Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak membuat nyawa manusia melayang di dunia saat ini. Tentu saja, ini lagi-lagi disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur dan kurangnya olahraga. Seperti yang saya sebutkan di poin sebelumnya, penyakit-penyakit ini sangat erat hubungannya dengan gaya hidup masyarakat modern, di samping kemungkinan bahwa penyakit jantung juga bisa berasal dari DNA yang diwariskan.

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa makanan berserat yang dikonsumsi dengan jumlah yang tepat setiap harinya, dan dengan dikombinasikan dengan asupan air yang juga cukup dapat menghindarkan Anda dari penyakit kolesterol. Dengan bantuan serat ini, berarti Anda juga dapat terhindar dari penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh kolesterol itu sendiri. Ini semakin memperkuat fakta bahwa makanan berserat tidak dapat Anda abaikan dalam program diet Anda karena tidak hanya membantu menurunkan berat badan Anda, tapi juga menjaga Anda terhindar dari penyakit-penyakit paling berbahaya.

4. Menghindarkan Anda dari Kanker Usus

Pada poin pertama telah disebutkan bahwa makanan berserat dapat menghidarkan Anda dari sembelit. Ini karena kemampuan makanan berserat untuk menyerap air membuat kotoran Anda membesar dan melunak hingga mudah dikeluarkan. Buang air yang lancar dan teratur memastikan bahwa feses atau kotoran dalam tubuh Anda tidak menumpuk. Ini secara tidak langsung juga dapat menghindarkan Anda dari potensi terkena kanker usus.

Kanker usus pada umumnya disebabkan karena kotoran dalam tubuh terlalu lama menumpuk. Pada penumpukan ini berkembang biaklah bakteri-bakteri jahat yang kemudian dapat menyebabkan gangguan pada sel-sel yang dihasilkan di dalam tubuh. Belum lagi zat-zat racun yang seharusnya sudah dibuang kembali lagi ikut dalam saluran darah dan menyebar keseluruh tubuh. Pada akhoirnya, penumpukan kotoran yang terlalu lama ini bisa menjadi awal proses terjadinya kanker usus pada Anda.

Ini membuat makanan berserat semakin penting Anda konsumsi dengan kadar yang tepat setiap harinya, karena tanpa makanan berserat banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyerang Anda, termasuk kolesterol, penyakit jantung dan kanker usus.

5. Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah

Penyakit gula adalah salah satu penyakit berbahaya lainnya yang juga bisa menyerang Anda ketika Anda kurang makan makanan yang berserat. Sebenarnya, kekurangan makanan berserat tidak serta-merta menjadi alasan kadar gula dalam darah Anda tidak stabil, tapi tetap saja menjadi salah satu faktor terbesar sehingga patut diperhatikan.

Pada paragraf-paragraf sebelumnya sudah dijelaskan bahwa karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada nasi merah baik untuk menurunkan berat badan. Makana berserat juga mengandung karbohidrat kompleks. Selain berguna bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, makanan berserat juga dapat membantu Anda untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.

Apa yang menyebabkan makanan berserat dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah Anda? Dalam makanan berserat yang mengandung banyak karbohidrat kompleks tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tubuh dalam proses penyerapannya. Penyerapan yang lambat ke dalam sistem tubuh ini kemudian dapat menghindarkan Anda dari peningkatan drastis di dalam kadar gula darah. Jika peningkatan drastis dalam kadar gula darah ini tidak terjadi, maka peningkatan kadar gula tersebut dapat dikatakan stabil. Secara tidak langsung, makanan berserat adalah salah satu faktor penting yang memungkinkan terjadinya kestabilan kadar gula dalam darah Anda tersebut.

Pentingnya makanan berserat tidak lagi bisa dipungkiri, baik bagi Anda yang tidak melakukan program diet, apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa program diet yang baik adalah program diet yang tidak semata-mata bertujuan untuk menurunkan berat badan Anda dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi juga memberikan Anda pendidikan dan kebiasaan untuk hidup dengan pola makan, olahraga, dan istrahat dengan kadar yang terukur untuk menjadi manusia yang sehat.