Foto Mengobati Typus Dengan Bahan Alami Oleh Kesehatan SegiEmpatBanyak cara yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit typus. Selain menggunakan pengobatan medis, penyakit typus pun juga dapat ditangani menggunakan obat-obatan yang berasal dari bahan-bahan alami. Lantas kira-kira, apa saja kah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit typus? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Menggunakan Kunyit

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat penyakit typus adalah kunyit. Kunyit merupakan jenis rempah yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab, kunyit mengandung beberapa vitamin seperti C dan E yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Bukan hanya itu, kunyit juga mengandung banyak fiber, iron, natrium, magnesium, dan vitamin B6 yang berfungsi mengatasi berbagai gangguan pencernaan serta mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Untuk meramunya menjadi obat penyakit typus, Anda cukup menyiapkan tiga ruas kunyit, satu lembar daun sambiloto, dan satu lembar daun serai. Setelah selesai menyiapkan bahan-bahan, maka tumbuk semua bahan dasar hingga halus kemudian seduh menggunakan air hangat. Setelah itu, saring air campuran bahan dasar yang telah ditumbuk tadi untuk mendapatkan air yang lebih bersih. Anda dapat mengonsumsinya setiap hari berturut-turut tak lebih dari satu minggu.

2. Menggunakan Mentimun

Bukan hanya kunyit, Anda juga dapat memanfaatkan mentimun sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit typus. Mentimun merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti bta karoten, zea-xanthin, dan lutein yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan menurunkan resiko terjangkit beberapa penyakit lainnya. Untuk menggunakannya sebagai obat typus, Anda cukup menyiapkan tiga buah mentimun kemudian parut seluruhnya dan peras airnya. Jika Anda merasa hal tersebut sedikit merepotkan, maka Anda dapat menggunakan blender atau juicer untuk mengambil kandungan air yang terdapat dalam mentimun. Setelah itu, Anda dapat mengonsumsinya setiap pagi dan sore hari selama satu minggu penuh, tak boleh lebih.

3. Menggunakan Temulawak

Satu lagi bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat typus. Tanaman tersebut adalah temulawak. Ya, selain enak dimanfaatkan sebagai minuman tradisional, temulawak ternyata memiliki fungsi positif lainnya bagi tubuh. Temulawak mengandung vitamin dan mineral yang memiliki manfaat positif bagi tubuh, seperti anti-inflamasi, anti-jamur serta anti-mikroba. Multifungsi yang dimiliki oleh temulawak, membuatnya mampu melawan bakteri-bakteri jahat yang menyerang sistem pencernaan. Bukan hanya itu, temulawak juga mampu memproses makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri-bakteri penyebab penyakit typus. Untuk menggunakannya sebagai obat penyakit typus, Anda cukup menyiapkan beberapa bahan dasar seperti 15 gram temulawak, 10 lembar daun sambiloto, serta jinten hitam. Setelah menyiapkan seluruh bahan, Anda dapat mencuci temulawak dan sambiloto hingga bersih kemudian memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil. Selanjutnya, masukkan seluruh bahan dasar ke dalam sebuah panci yang telah berisi air, kemudian didihkan. Selanjutnya, Anda dapat meminumnya sebanyak dua kali sehari hingga kondisi tubuk membaik.

LEAVE A REPLY