mengobati nyeri lambung dengan kunyit papua oleh Kesehatan SegiEmpatNyeri lambung adalah salah satu masalah pencernaan yang paling sering terjadi. Jadi mengobati nyeri lambung adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh orang-orang yang mengalami masalah nyeri lambung.

Meskipun nyeri terlihat sepele namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Adapun yang menyebabkan nyeri lambung adalah adalah meningkatnya asam lambung atau dalam istilah medis dikenal dengan gastro-esophageal reflux dan masyarakat umum lebih mengenalnya dengan penyakit maag. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena bisa menyerang siapapun, baik itu bayi, remaja, dewasa ataupun manula. Selain itu, nyeri lambung juga bisa mempengaruhi sistem pernapasan.

Salah satu cara alami mengobati rasa sakit karena nyeri lambung adalah dengan menggunakan kunyit Papua. Kunyit Papua bisa digunakan sebagai obat tradisional asam lambung karea senyawa yang terdapat di dalamnya seperti cineol, turmorone, zingiberene dan borneol. Senyawa ini akan mencegah produksi asam lambung yang berlebih. Sedangkan alkaloid curcumin bekerja sebagai anti kuman, yang akan merangsang dinding kantung empedu untuk mengeluarkan cairan empedu. Hal inilah yang bisa membuat pencernaan lebih sempurna dalam bekerja.

Adapun ramuan tradisional untuk mengobati nyeri lambung adalah :

  • Ramuan Pertama untuk Mengobati Nyeri Lambung

– Sediakan rimpang kunyi yang seukuran ibu jari lalu cincang,

– Rebus dengan menggunakan 1,5 gelar air selama 15 menit hingga mendidih,

– Saringlah dan ambil airnya,

– Minum tiga kali dalam sehari sampai Anda tidak lagi merasa nyeri lambung, dan

– Jika Anda tidak tahan dengan pahitnya, Anda bisa mencampurkan gula merah atau madu di dalamnya.

  • Ramuan Kedua untuk Mengobati Nyeri Lambung

– Bersihkan kunyit lalu haluskan,

– Jemur kunyit hingga kering dan menjadi bubuk,

– Setelah kering, ambillah satu sendok teh bubuk kunyit,

– Setelah itu, tuangkan air mendidih sebanyak setengah gelas lalu aduk,

– Saringlah air kunyit tersebut, tambahkan madu, lalu minum.

Namun Anda tidak boleh mengkonsumsi kunyit secara berlebihan, karena hal ini akan membuat kandung empedu menjadi kosong dan mengganggu proses pencernaan. Ketika Anda mengkonsumsi kunyit secara berlebihan, maka konsentrasi asam lambung Anda akan tertekan sehingga kinerja pencernaan akan terganggu. Dalam keadaan normal, asam lambung berfungsi untuk merangsang pengeluaran getah lambung, empedu, getah pankreas, disinfektan dan membuat enzim lambung menjadi aktif.

LEAVE A REPLY