manfaat tapak liman oleh Kesehatan SegiEmpatTapak liman (Elephantophus scraber L.) adalah salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat. Tanaman ini biasanya tumbuh liar namun bisa tumbuh dengan mudah. Tanaman ini biasanya digunakan untuk mengobati dari dalam, yaitu dengan cara meminum air rebusannya. Semua bagian tanaman ini seperti daun, batang dan akarnya bisa digunakan sebagai obat.

Meskipun tanaman ini tumbuh dengan liar dan bisa tumbuh dengan mudah, namun tanaman ini telah dipercaya sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini telah dipercaya oleh masyarakat dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti demam dan pusing.

Tanaman in bisa digunakan sebagai obat dalam keadaan apapun, baik sewaktu dia masih dalam keadaan segar, sudah dalam keadaan kering, atau bahkan diekstraksi lalu kemudian dimasukkan ke dalam kapsul agar bisa lebih mudah untuk dikonsumsi. Adapun jenis penyakit yang bisa diobati dengan tanaman ini adalah penyakit influenza, peradangan pada mata, peradangan pada tenggorokan, keputihan atau peradangan pada rahim, amandel yang meradang dan terjadinya peradangan pada ginjal. Untuk mengobati berbagai peradangan inipun cukup mudah, Anda hanya perlu mengeringkan seluruh bagian tanaman tapak liman, setelah itu campurlah dengan menggunakan air bersih lalu rebus. Saringlah airnya dan minumlah air saringannya tiap hari hingga peradangan sembuh.

Selain itu, penyakit ini juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung, anemia atau kurang darah, hepatitis, meredakan gigitan ular, penyakit beri-beri, meredakan disentri, meredakan batuk seratus hari, dan berbagai penyakit lainnya. Untuk pengobatan penyakit tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa atau bahkan seluruh bagian tanaman tapak liman. Untuk mengobati perut kembung, Anda bisa merebus batang tapak liman dan meminum air hasil rebusannya. Untuk mengobati hepatitis, Anda bisa merebus akarnya dengan menggunakan akar tapak liman dengan daging dan meminum air hasil rebusannya. Sedangkan untuk mengobati penyakit beri-beri, Anda bisa menggunakan seluruh bagian tanaman, campurkan dengan air dan tahu, setelah itu tim lalu makan.

  • Kandungan Tapak Liman

Adapun kandungan tapak liman adalah Deoxyelephantopin, Dotriacontan-1-ol, Elephantopin, Epriellinol, Lipenol, Lupeol, Lupeol acetat, Stigmasterol, Triacontan dan Triacontan-1-ol.

  • Khasiat Tapak Liman

Beberapa khasiat tapak liman yang dipercaya oleh masyarakat adalah meluruhkan dahak, meredakan nyeri haid, mengatasi keputihan, mengatasi kurang darah, meluruhkan air seni, membuat proses persalinan lebih mudah, meredakan radang ginjal dan meredakan radang rahim.

LEAVE A REPLY