manfaat labu untuk kesehatan dan kecantikan oleh Kesehatan SegiEmpatSiapa yang tidak kenal dengan buah labu. Selain enak, ternyata manfaat labu untuk kesehatan dan kecantikan juga sangat banyak. Labu adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, karbohidrat dan mineral. Labu juga adalah salah satu buah yang sangat terkenal di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan labu yang digunakan dalam perayaan Hallowen ataupun dalam cerita Cinderella.

Ada lima spesies labu yang dikenal di seluruh dunia, yaitu Cucurbita pipo L, Cucurbita maxima Duchenes, Cucurbita mixta, Cucurbita ficifolia Bouche dan Cucurbita moschata Duchenes. Namun semua spesies tersebut lebih dikenal dengan nama labu kuning atau labu waluh di Indonesia. Hal ini karena kelima spesies buah labu tersebut  memiliki ciri-ciri yang hampir sama.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi dan kesehatan, ditemukan berbagai manfaat labu, baik itu untuk kesehatan, menyembuhkan penyakit dan juga kecantikan. Meski demikian tidak semua jenis labu bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan, kecantikan dan juga menyembuhkan penyakit. Hanya ada beberapa jenis lagi yang bisa digunakan seperti labu siam, labu kuning dan juga labu air.

Manfaat labu untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mata dan juga meningkatkan imunitas tubuh dengan kandungan vitamin A, vitamin C dan beta karotennya. Selain itu, labu juga mengandung fosfor, kalium, kalsiu dan zat besi. Manfaat lain dari labu adalah untuk mengatasi demam, diare dan peradangan serta melancarkan pencernaan karena kandungan serat dan airnya yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh labu juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini serta baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Manfaat labu untuk kesehatan juga adalah bisa meluruhkan air seni dan juga mengobati sariawan. Labu juga bisa menjadi anti kanker dan mencegah serangan sel-sel kanker dengan kandungan alkaloidanya. Labu juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit lebih indah dan juga kecantikan, bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Tidak hanya daging buahnya, kulit labu juga bisa memberikan manfaat kesehatan. Dari sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Korea Selatan, ditemukan bahwa kulit buah labu mengandung zat protain yang bisa mengobati jamur.

LEAVE A REPLY